Ruas Tol Kedung Halang-Cimanggu Beroperasi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di ruas Kedung Halang-Kedung Badak (seksi II A) sepanjang 1,9 km, hari ini beroperasi. “Beroperasinya ruas tol ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jaringan jalan untuk mendorong pengembangan ekonomi kawasan Jabodetabek sebagai koridor ekonomi utama di Pulau Jawa,” ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, di sela-sela acara peresmian BORR seksi II A, di Bogor, Jumat (30/5).

Tol-BORR-Seksi-II

Tol-BORR-Seksi-II

Tol BORR ruas Sentul Selatan – Kedung Halang (seksi I) sudah beroperasi lebih dulu tahun 2009. Dengan beroperasinya BORR seksi II A yang tersambung dengan seksi I (3,8 km) membuat kawasan Cimanggu (Jl Soleh Iskandar) mudah diakses melalui jalan tol Jagorawi. Menyusul selesainya seksi II A pemerintah akan melanjutkan pembangunan seksi II (Kedung Halang-Simpang Yasmin) sepanjang 4 km dan seksi III dari Simpang Yasmin-Dermaga (3,2 km). Melalui jalan tol sepanjang 11 km ini kawasan Bogor barat (Darmaga dan kawasan sekitarnya) yang aksesnya kurang bagus dan macet bakal lebih terbuka.

Pembangunan tol BORR seksi I dan II A menelan biaya Rp938 miliar melalui pinjaman dari Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BJB.  Rinciannya, seksi I menyita dana Rp529  miliar, seksi II Rp350 miliar. “Untuk pembebasan lahan dua seksi ini masing-masing biayanya Rp77 miliar dan Rp20 miliar,” tambahnya.

Tol BORR dibangun dengan konstruksi elevated menggunakan teknologi erection span by span. Cara ini dipilih untuk meminimalkan gangguan lalu lintas pada saat pengerjaan konstruksi dan cocok untuk kondisi perkotaan dengan luas lahan terbatas dan lalu lintas padat. Kendaraan yang measuk ruas ini selama masa uji coba satu minggu ke depan gratis. “Setelah masa uji coba berakhir kendaraan yang lewat dikenakan tarif Rp5.500,” imbuh Djoko. Yudis

 

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me