Menteri PU Resmikan 15,5 Twin Block Rusunawa di Jawa Timur

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto untuk yang kesekian kalinya meresmikan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (20/5), Djoko meresmikan Rusunawa yang dibangun Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian PU. Selain Rusunawa diresmikan juga proyek sistem penyediaan air minum ibu kota kecamatan (SPAM IKK). Kedua proyek itu bernilai Rp323,4 miliar.

Rusunawa di Blitar

Rusunawa di Blitar

Rusunawa yang diresmikan mencakup 15,5 twin block (TB), antara lain di Blitar 2 TB, Kediri 5 TB, Lumajang 2 TB, Surabaya 1 TB, Malang 2 TB, Pasuruan 2 TB, dan Jember 1,5 TB. Rusunawa di tujuh kota itu diperuntukan bagi 1.543 KK. Sementara proyek SPAM IKK yang diresmikan berlokasi di Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan dan Tanggulangin Sidoarjo. Proyek air minum itu masing-masing berkapasitas 50 liter/detik untuk melayani 8.000 KK.

Djoko mengingatkan fasilitas yang sudah dibangun ini agar dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Dengan pengelolaan yang baik dan bertanggungjawab pemanfaatannya bisa berkelanjutan.

Djoko menjelaskan, hingga akhir tahun 2013 pencapaian pembangunan infrastruktur pemukiman sudah mencapai 67,7 persen, peningkatan prasarana sanitasi 59,7 persen, dan penurunan kawasan pemukiman kumuh secara nasional sekitar 12 persen. “Untuk pembangunan Rusunawa targetnya tahun ini sebanyak 20 twin block, saat ini masih ada proses pembebasan lahan. Kita juga bisa membangun atas permintaan, misalnya Rusunawa untuk kampus,” imbuhnya. Yudis

 

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me