Pemkab Cianjur Siapkan Kawasan Industri Di Cikalongkulon

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tengah menyiapkan lahan kawasan pembangunan industri di wilayah Kecamatan Cikalongkulon.

“Hal tersebut berdasarkan instruksi dari Kementerian Perindustrian, untuk merelokasi pabrik yang berada di kawasan dekat pemukiman penduduk sesuai UU Nomor 3 Tahun 2014,” kata Kabid Perindustrian Disperindag Cianjur, Didi Ruswandi AMS, Senin.

Kawasan Industri Di Cikalongkulon (ilustrasi)

Kawasan Industri Di Cikalongkulon (ilustrasi)

Menurut dia hal itu bertujuan agar pembangunan industri jauh dari pemukiman penduduk dan setelah kordinasi dengan beberapa dinas, termasuk Dinas Tata Ruang dan Pemukiman diputuskan mengkaji wilayah Kecamatan Cikalongkulon untuk dijadikan kawasan industri.

Disamping itu, jelas dia, perizinan tentang pembangunan industri ini akan menggunakan izin sesuai Perda RT/RW, yang dikaji Dinas Tata Ruang, sehingga diharapkan nanti investor mau ditempatkan di wilayah tersebut.

“Karena para investor yang ingin mendirikan pabrik, mengincar wilayah sekitar Jalan Raya Bandung, diantaranya Karangtengah, Sukaluyu, Ciranjang dan Haurwangi,” ucapnya.

Namun tambah dia, pemerintah tidak akan melakukan dan tidak ada rencana merelokasi pabrik atau industri yang sudah berdiri di wilayah Cianjur, tapi pihaknya hanya menyediakan lahan kawasan untuk pembangunan industri.

“Di Cianjur tidak akan ada pabrik yang direlokasi, hanya mempersiapkan lahan kawasan industri baru untuk dikembangkan,” tuturnya.

Menurut dia, Cikalongkulon merupakan wilayah paling strategis untuk kawasan pembangunan industri. Sebab, wilayah tersebut banyak lahan yang kosong dan jauh dari pemukiman penduduk.

Sehingga, hal tersebut akan sesuai intruksi dari Kementerian Perindustrian prihal UU Nomor 3 Tahun 2014.

“Kalau wilayah Jalan Raya Bandung sudah padat dan akan menimbulkan kemacetan jika banyak berdiri pabrik di jalur tersebut,” pungkasnya.  Ant

 

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me