Yailahi, Casing Radio Sekaligus Ornamen Ruang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Banyak orang dalam kesehariannya tidak bisa terlepas dari musik. Aneka instrumen dimanfaatkan untuk mendengarkan musik, seperti telepon genggam (handphone), tape, compo, MP3 player, dan radio. Sekarang sebagian perangkat pemutar musik itu   malah sudah menjadi aksesoris dan menjadi pemanis interior rumah.

Radio dengan casing kayu

Radio dengan casing kayu

Contohnya pemutar MP3 player dan radio hasil kreasi CV Rajati dengan merk Yailahi. Industri rumahan (home industry) di bidang produk kreatif di Jl Pemuda, Jepara, Jawa Tengah, ini membuat casing unik untuk radio. Desain casing berbahan kayu itu dibuat model jadul sehingga tampilannya jauh dari kesan barang modern. Karena modelnya yang unik produk ini bisa dimanfaatkan menjadi ornament atau aksesoris ruangan.

Menurut A. Baihaqi, pemilik CV Rajati, produknya itu merupakan casing radio dan MP3 pertama yang menggunakan bahan kayu. Untuk memudahkan pengoperasiannya produk tersebut dilengkapi remote. “Biasanya radio kayu pakai sistem putar, agar lebih mudah dan ada unsure modernnya produk ini saya lengkapi dengan remote,” katanya.

Casing Yailahi menggunakan tiga jenis kayu berkualitas terbaik: mindi, jati, sonokeling. Baihaqi adalah produsen dan pengusaha mebel sehingga sangat paham karakter kayu. “Produk ini proses dan finishing-nya sama dengan membuat mebel  sehingga awet, tidak gampang pecah, warnanya tidak pudar, dan perawatannya cukup dilap kain bersih,” jelasnya.

Untuk “jeroannya” Baihaqi tidak sekadar memasukan mesin radio dan MP3 yang sudah jadi, tapi dirangkai sendiri sehingga cocok dengan body kayunya. Ia juga berani memberi garansi hingga satu tahun. Produk ini, katanya, sudah dites dengan dihidupkan selama 12 jam sehari selama enam bulan dan tetap baik. Untuk mendapatkan performa yang cukup bagus pengembangan produk dilakukan selama satu tahun.

Dengan karyawan sepuluh orang, CV Rajati mampu memproduksi radio kayu sekitar 50 unit per bulan. Harganya berkisar Rp1,3 juta – Rp1,6 juta untuk bahan kayu jati. Bahan dari kayu jenis lain harganya lebih murah. Yudis

 

housing.estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me