OJK Luncurkan SIMOLEK Untuk Edukasi Keuangan Masyarakat

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan menargetkan tambahan sebanyak 20 Si MObil LitErasi Keuangan (SiMOLEK) pada akhir 2014, untuk memperbanyak kendaraan yang digunakan untuk kegiatan edukasi keuangan bagi masyarakat.

“Kami akan tambah 20 mobil lagi sebelum akhir tahun ini,” kata Direktur Literasi & Edukasi OJK Agus Sugiarto saat temu nasabah dan komunitas Danamon di Bekasi, Senin.

Si MObil LitErasi Keuangan (SiMOLEK)

Si MObil LitErasi Keuangan (SiMOLEK)

Saat ini, Mobil SiMOLEK berjumlah 20 unit yang dilengkapi dengan peralatan multimedia dengan fitur-fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan penyampaian materi edukasi.

“Nanti tambahan 20 mobil tersebut juga untuk kegiatan edukasi di tambahan 11 kota di luar 14 kota saat ini,” ujar Agus.

Agus menuturkan, target utama dari program edukasi keuangan OJK sendiri saat ini yakni ibu-ibu rumah tangga dan pengusaha mikro dan kecil di pasar-pasar tradisional.

Menurut Agus, kedua target objek edukasi tersebut merupakan ujung tombak masa depan keuangan di Tanah Air. Kendati jumlahnya banyak, namun sebagian dari mereka belum paham benar terkait produk-produk jasa keuangan.

“Untuk ibu-ibu, kami harapkan mereka bisa jadi “menteri keuangan” yang baik bagi keluarga sehingga bisa sejahtera,” kata Agus.

SiMOLEK adalah mobil khusus yang dirancang OJK dan dioperasikan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai literasi keuangan serta mendorong minat dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk/jasa keuangan.

Adapun sosialisasi SiMOLEK kerjasama OJK-Danamon akan dilakukan di 14 kota di Indonesia yakni Balikpapan, Bandung, Bogor, Cirebon, Denpasar, Jakarta, Makassar, Malang, Manado, Medan, Pekanbaru, Semarang, Solo, dan Surabaya.

Sebelumnya OJK juga melakukan kegiatan sosialisasi bekerja sama dengan BCA, Mandiri, dan BRI, di 14 kota yang sama.  Ant.

housing.estate.com