Restoran Saung Galah,Jakarta : Kenikmatan di Gubuk Bambu Modern

Big Banner

Berjenis masakan Indonesia tersaji di Restoran Saung Galah. Pula, ada menu buat si kecil.

Lelah usai bekerja ataupun beraktivitas lain di Jakarta? Menginginkan restoran modern yang menyuguhkan  menu Nusantara? Anda dapat berkunjung ke Restoran Saung Galah— yang artinya: gubuk bambu. Suhu Jakarta yang menyengat terasa berkurang saat masuk ke restoran itu, yang terletak di Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan.  
Petugas keamanan berseragam biru tua membuka pintu, mempersilakan pengunjung masuk. Selanjutnya,  resepsionis dan pelayan berseragam batik hijau dan biru segera menyambut kedatangan, mempersilakan pengunjung memilih tempat duduk. Bisa di lantai pertama yang memiliki kapasitas 80 orang, atau ke lantai dua yang berkapasitas 60 orang.
Umumnya, pengunjung yang datang dalam jumlah orang sedikit–dua sampai delapan orang,  memilih duduk di lantai pertama. Adapun lantai dua biasa  digunakan-dipesan pengunjung yang memesan layanan prasmanan dengan minimal pemesanan untuk 40 orang.  Fasilitas lain yang terdapat di lantai dua yakni musala berkapasitas delapan orang.
Di restoran itu, atmosfir nyaman kian kental berkat desain interior   modern yang disandingkan dengan corak tradisional—buah tangan desainer interior berpengalaman. Soal perabot, ada kursi bermotif rotan dan meja kayu berwarna cokelat tua bercorak modern. Di plafon, lampion rotan tergantung rapi.  
Suara gemercik air pun terdengar  dari dua  kolam kecil di bagian depan ruangan. Kolam itu diisi sejumlah ikan dan kura-kura;  batang-batang bambu yang berdiri bersilangan di dinding kanan membuat suasana kian sejuk. Enam lukisan besar tentang suasana pedesaan yang ada di dinding belakang menajamkan corak tradisional restoran ini.
Untuk memilih makanan dan minuman, pengunjung bisa melangkah ke meja utama yang menyajikan berbagai menu yang mengggugah selera. Ya, di meja itu, ada berbagai macam masakan setengah jadi yang disajikan di piring saji yang dilapisi daun pisang. Ada pula anglo yang dipesan khusus dari Purwakarta, Jawa Barat.
Berbagai menu  dari banyak daerah se-Indonesia tersaji. Di sinilah keunggulan restoran ini. Kini, ada lebih 50 jenis menu yang merupakan  hasil berburu dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah pengunjung memilih masakan yang diinginkan, barulah petugas di dapur memasakkan. “Dengan demikian, masakan yang disantap selalu fresh,” kata Manajer Restoran Saung Galah, Darso. Dalam waktu maksimal 15 menit, masakan diantar ke pengunjung.

Ada Menu untuk Si Kecil
ikan goreng ala sundaMenu andalan di Restoran Saung Galah adalah  gulai ikan kerapu. Tersedia juga menu yang lain, misalnya rendang (dari Sumater Barat), ikan goreng ala Sunda, goreng cumi, ikan tenggiri cabai hijau, ikan balado, pepes ikan kembung, ikan gurame goreng, ayam bakar, dan ayam goreng.  Lantas,  berbagai jenis gorengan pun tersedia. Antara lain: tahu isi goreng, tahu-tempe bacem, lumpia ayam, perkedel jagung, tempe mendoan, dan peyek udang.
Soal harga, banderol yang dipasang bervariasi. Itu sedari Rp3.000 (untuk goreng-gorengan) sampai Rp120.000. Kata Darso, “Rata-rata harga sayuran adalah Rp6.500 per menu.”
Yang tersaji tak semata-mata menu untuk pengunjung dewasa. Menu untuk anak-anak pun ada. Antara lain, ada  ikan dori goreng yang bersih dari duri dan sangat disukai anak-anak. Sudah tentu bahwa anak-anak juga bisa  menyantap menu lain seperti ayam goreng dan udang goreng. Untuk si kecil, pengelola restoran juga menyediakan kursi makan berwarna menarik khusus balita.
Penggemar sayuran dapat menikmati menu yang bervariasi. Menu itu, yang disajikan di piring saji putih yang cantik, adalah sayur bunga pepaya, gulai jantung pisang, oseng-oseng buncis, tumis genjer teri,pucuk labu, dan lain-lainnya.
Sebagai penyuguh masakan Indonesia, Restoran Saung Galah  tak lupa menghidangkan berbagai sambal. Ada tiga jenis sambal yang tersedia: sambal masak yang tak terlalu pedas, sambal mentah terasi yang cukup pedas, serta sambal kecap.
Sebagai penutup bersantap, ada aneka minuman yang merupakan inovasi Restoran  Saung Galah. Minuman tersebut yakni es kacang hijau, es jeruk kelapa, lemon madu murni, dan aneka jus.  Pun, aneka buah potong dapat melengkapi kepuasan bersantap.  Aneka minuman dan buah tersebut tersedia dengan harga Rp3.000-Rp12.000.
Restoran Saung Galah tergolong berusia muda, mulai beroperasi di awal Agustus tahun 2007. Kata Triyanto Harsono, pemilik restoran tersebut, pihaknya bakal terus berburu resep demi menambah jenis menu yang disajikan. “Sudah tentu bahwa menu tersebut harus khas Indonesia,” ujar pria muda berkaca mata itu. 
Seseorang yang berminat bersantap di restoran dengan hargan terjangkau dan bersuasana nyaman, bisa melirik Restoran Saung Galah.
Restoran ini bisa menjadi tempat bersantap bersama rekan kerja. Juga, bisa jadi tempat bersantap sembari menghilangkan kejenuhan akibat berbagai aktivitas. Bisa pula menjadi tempat bersantap bersama keluarga.

Menu Minuman

Jus      : Jus  Alpukat, Jus Tomat,  Jus  Wortel,  Jus  Melon,  Jus  Jeruk,   Jus Semangka, Jus Sirsak.
Es         : Es Kelapa  Muda,  Es Jeruk   Kelapa,  Es  Markisa Asli, Es Buah,  Es Kacang  Ijo,  Es  Teh  Tawar, Es Jeruk Nipis, Es Lemon     Tea, Es Lemon Madu Murni, Es Kopi, Es Kopi Susu.
Minuman Soda    : Fanta, Coca Cola, Sprite.
Minuman Lain     : Kopi, Kopi Susu, Frestea, Air Mineral
Harga       : Rp.3.000-Rp.120.000

 Menu Makanan

Ayam    : Ayam Bakar, Ayam Goreng, Ayam Rendang, Ayam Madu.
Gulai    : Gulai Ikan (Kepala), Gulai Ikan (Buntut), Gulai Ikan (Badan).
Ikan    : Ikan Balado, Ikan Cabe Ijo, Ikan Gurame Goreng, Ikan Teri Cabe Galah, Ikan Dori Goreng, Kripik Ikan Asin, Pecel Lele, Pepes Ikan Kembung.
Udang    : Udang Goreng Saus Galah, Sambal Udang Pete, Peyek Udang.
Sapi    : Dendeng Sapi Balado, Rendang Sapi, Gepuk.
Sayur    : Sayur Asem, Soto Bening, Oseng  Buncis, Oseng  Bunga Pepaya,  Oseng Genjer, Sayur Lodeh, Daun Singkong Teri, Jantung Pisang, Kacang Teri, Pare Cabai Merah, Rendang Jengkol, Sayur Pucuk Labu, Terong Balado, Rebung Cabe, Karedok, Sayur Lalap
Nasi         : Nasi Putih, Nasi Uduk, Nasi Bakar.
Sambal    : Sambal Terasi Mentah, Sambal Terasi Matang, Sambal Tomat.
Harga    : Rp3000-Rp120.000

Menu Paket Boks

Serba Rp16.000:
Paket 1 : Nasi Putih, Perkedel, Oseng Buncis, Tahu Isi,Telur Balado, Sambal Terasi.
Paket 2 : Nasi Putih, Tempe Bacem, Sayur Asem, Keripik Kentang, Telor Balado, Sambal Terasi.
Paket 3 : Nasi  Putih,  Pepes  Tahu,  Oseng  Buncis, Terong  Balado,  Telor Balado, Sambal Terasi.

Serba Rp22.000:
Paket 4 : Nasi  Putih, Ayam  Bakar /Goreng, Tempe Mendoan, Tahu Isi, Oseng Sayur, Sambal Terasi.
Paket 5 : Nasi Putih, Ayam Bakar/Goreng, Tahu Bacem, Perkedel Jagung, Sayur Asem, Sambal Terasi.
Paket 6 : Nasi Putih, Ikan Balado, Tahu Isi, Oseng Tempe, Oseng Buncis, Sambal Terasi.

Serba Rp27.000:
Paket 7  : Nasi  Putih, Rendang Sapi, Ayam Bakar/Goreng, Oseng Sayur, Ikan Teri Cabe, Perkedel Jagung, Sambal Terasi.
Paket 8  : Nasi Putih, Dendeng Sapi, Ayam Bakar/Goreng, Tahu Isi, Oseng Buncis, Terong Balado, Sambal Terasi.
Paket 9  : Nasi Putih,  Ikan Balado, Rendang Sapi, Tempe Bacem, Sayur Asem, Keripik Kentang, Sambal Terasi.

Sumber : Cafe & Resto, Majalah Bisnis Properti
Penulis : Dewi Turgarini & Achmad Adhito
Foto : Dedy Mulyadi

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me