Inilah Waktu yang Tepat Untuk Menjual Rumah

Big Banner

Saat pemintaan sebuah kawasan tertentu meningkat tajam, maka inilah waktunya Anda menjual rumah dengan penawaran yang tinggi pula.

 

 

 

Memang menjual rumah membutuhkan sedikit lebih ekstra dibandingkan menjual barang-barang lainnya seperti kendaraan, elektronik maupun lainnya. Dengan menjual barang-barang tersebut Anda cukup persyaratan kondisi dan surat keterangan tentang barang.

Lain halnya dengan rumah haruslah dilengkapi dengan aspek legalitas dan kelengkapan-kelengkapan di dalamnya. Nah, itu semua berpengaruh langsung terhadap tinggi rendahnya harga yang akan djualnya nanti.

Dalam buku Profit Berlipat dengan Investasi Tanah dan Rumah yang ditulis Budi Santoso menyebutkan ada tiga kondisi yang tepat saat menjual rumah jika penjual ingin mengharapkan suatu harga yang relatif tinggi:

1.    Perkonomian tengah ‘booming’
Perekonomian sebuah negara yang sedang bagus-bagusnya (booming) ditandai dengan banyaknya penanaman modal yang masuk dan aktivitas berbagai sektorn industri bergairah, serta pendapatan masyarakat pun terus meningkat. Dampak dari semua itu, maka permintaan atau kebutuhan akan rumah juga meningkat. Nah, dengan sendirinya maka harga rumah bergerak naik.

2.    Permintaan lokal
Pada suatu saat ada lokasi-lokasi tertentu yang atas permintaan pasar membuat harga tanah dan bangunan termasuk tanah meningkat tajam. Permintaan yang bersifat lokal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya rencana kota atau pengembangan kawasan niaga atau kepentingan suatu kelompok atau perusahaan atas lokasi tersebut.

3.    Diminati calon konsumen
Kendati tidak bermaksud menjual rumah, kadang kala ada calon pembeli yang bermaksud untuk membeli rumahnya. Alasan si calon pembeli barang kali bersifat pribadi, tapi yang jelas minat atas rumah tersebut sangat tinggi, yaitu dengan berkunjung dan melakukan penawaran serius. Pada kondisi seperti itu, si pemilik rumah berada pada posisi tawar menawar (bargaining) yang baik sehingga dapat mengajukan harga jual yang relatif tinggi.

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me