Untuk Bedah Rumah, Kemenpera Berikan Rp15 Juta Per Unit

Big Banner

Ilustrasi: Kemenpera memberikan bantuan Rp15 juta per unit rumah kepada masyarakat yang tidak mampu termasuk Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

 

 

Kini bagi masyarakat yang tidak mampu bisa bernafas lega. Pasalnya, akan ada bantuan Rp15 juta per unit untuk menyediakan rumah yang layak huni dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Bantuan tersebut melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal dengan program bedah rumah.

 

Menurut Jamil Anshari, Deputi Bidang Perumahan Swadaya Kemenpera, pemberian bantuan bedah rumah tersebut dibagi dalam dua tahap. “Tahap pertama diberikan 50 persen dan sisanya akan diberikan apabila tahap pembangunan fisik sudah mencapai 30 persen,” jelasnya dalam keterangan resminya (4/6).

 

Menariknya, program ini juga berlaku untuk menyediakan perumahan bagi masyarakat adalah dengan melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dalam rangka pemberian bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) untuk percepatan pembangunan perumahan swadaya bagi anggota LVRI.

 

Bantuan untuk LVRI tersebut telah dilakukan sejak 2012 dengan memberikan kepada 596 unit rumah. Sementara pada 2013, mencapai 191 unit rumah. Arie Sudewo, Wakil Ketua Umum II DPP LVRI mengatakan saat ini jumlah veteran mencapai 120 ribu orang. “Sekitar 80 persen masih hidup dalam garis kemiskinan, sementara 20 persen sisanya hidupnya cukup berutung sehingga dengan adanya bantuan ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas hidup para veteran yang kurang beruntung ,” ungkapnya.

 

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me