Yuk, Ciptakan Kehangatan di Ruang Makan

Big Banner

Perhatikan juga kebutuhan akan ruang makan dengan perbandingan proporsi antara furnitur dan sirkulasi udara serta cahaya yang masuk.

 

Penataan interior di ruang makan yang baik adalah yang memiliki fungsi sesuai dengan tujuan utamanya, yaitu tempat makan. Sedangkan fungsi tambahannya dapat menunjang kegiatan lain.

Selain sebagai tempat bersantap, ruang makan sering kali dijadikan area untuk bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya. Pemilik rumah ingin melihat ruang makannya terlihat lebih rapih dan bersih. Berikut beberapa tips agar Anda dan anggota keluarga bisa lebih akrab di ruang makan.

1.    Di rumah yang memiliki lahan terbatas, desain ruangan ini bisa juga dijadikan sebagai ruang multifungsi. Misalnya jadi ruang duduk sambil menonton televisi, atau dijadikan tempat belajar oleh anak-anak.

2.    Dalam menata ruang makan, banyak yang perlu diperhatikan. Misalnya, meja makan dapat diletakkan berdekatan dengan kitchen set dan pantry agar dapat memudah aktivitas penyajian makanan.

3.    Perhatikan juga kebutuhan akan ruang. Buatlah perbandingan proporsi antara furnitur dan sirkulasi udara serta cahaya yang masuk ruangan itu. Jika ruangan kecil, lebih baik meminimalkan furnitur yang memakan banyak tempat.

4.    Jika ruang makan berdekatan dengan ruang keluarga atau ruang tamu, batasi dengan partisi atau sejenisnya. Atau bisa memasang warna dan jenis keramik lantai yang berbeda untuk ruang makan sebagai pembatas antara ruang lainnya. Perbedaan warna lantai bisa membuat ruang makan menjadi lebih menarik.

5.    Untuk lantai pada ruang makan secara keseluruhan, pilih warna terang dan sesuai dengan furnitur serta tema ruangan. Jika ruangan minimalis, pilih jenis lantai yang polos dan tidak memiliki banyak pola. Karena lantai ini untuk ruang makan, pilih jenis yang mudah dibersihkan dan tidak mudah kotor.

6.    Letak ruang makan tidak harus berada di dalam rumah. Bisa saja ruang makan ditempatkan di ruang terbuka, misalnya teras belakang atau samping rumah yang berhadapan dengan taman sehingga penghuni dapat menikmati makanannya dengan suasana serta kesegaran alami.

7.    Penataan dekorasi bisa mempengaruhi selera makan. Dan sebaiknya dekorasi yang ditempatkan di ruangan ini haruslah hal-hal yang berkaitan dengan makan. Misalnya,  lukisan atau gambar-gambar seperti sendok-garpu, buah-buahan, dan bunga. Penataan dekorasi piring, sendok, garpu, dan cara pelipatan serbet yang menarik juga dapat meningkatkan gairah makan.

Haryanto
Foto: apartmenttherapy.com

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me