Ini Dia Keindahan Gaya Eklektik

Big Banner

Perpaduan budaya tradisional dengan beberapa gaya menjadi sebuah kesatuan yang menarik.

 

Beberapa tahun belakangan ada suatu gaya arsitektur dan interior yang menarik untuk diamati. Diantara gaya minimalis yang sedang menjamur yakni gaya fusion atau biasa disebut dengan gaya eklektik.

 

Menurut Francis Surjaseputra, Ketua Umum Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII), gaya eklektik menggabungkan beberapa macam gaya, kultur maupun teknologi. “Namun penggabungan ini memiliki benang merahnya. Tidak asal saja menggabungkan,” ungkapnya beberapa waktu lalu kepada Rumah123.com.

 

Gaya eklektik lanjut Francis, perpaduan gaya lama dengan gaya baru pastinya akan menjadi cocok dan menjadi menarik. “Kedepan, menggali budaya lokal tradisonal dipadu dengan modern akan lebih banyak lagi,” ungkap Chairman, Asia Pasific Designer Alliance (APSDA).

 

Dengan gaya eklektik, sangat cocok untuk ekspresi seseorang dalam mendesain. “Ini merupakan salah satu gaya yang sangat cocok untuk berekspresi, seperti halnya seseorang bercerita akan dirinya, di mana ada luapan dan emosi pribadi didalamnya,” tandas Francis.

 

Nah, untuk menerapkan gaya eklektik di rumah Anda bisa memilih barang-barang jadul (zaman dulu) warisan orang tua. Misal Anda bisa memilih kursi berbahan kayu jati tua dan sejumlah ukiran dari berbagai wilayah Indonesia yang ditempel pada salah satu sisi dinding ruangan.

 

Atau Anda bisa memilih dipan tua dengan paduan bantal balutan warna cerah. Untuk penutup lantai bisa mengaplikasikan lantai teraso maupun karpet dengan corak-corak budaya tradisonal Indonesia.

 

Haryanto
Foto: decoist.com

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me