Gaya Rumah Minimalis Masih Berjaya di 2014

Big Banner

Rumah yang ramah lingkungan yang akan menjadi tren di 2014.

 

Menjelang tahun baru dipastikan sebuah tren akan baru juga. Tak hanya di dunia fashion saja, dalam dunia arsitektur pun sebuah tren mengikutinya. Seperti pada 2000-an, rumah dengan gaya arsitektur minimalis begitu tren. Saat itu, banyak pengembang yang ramai-ramai membangun proyek terbarunya dengan konsep minimalis.

 

Kelebihan rumah dengan gaya arsitektur minimalis lebih mengutamakan kesederhanaan dan juga lebih mengutamakan ketepatan fungsinya. Nah, apakah di 2014 rumah minimalis masih berjaya?

 

Menurut Ir. Nirwono Joga, arsitek dan pengamat perkotaan, rumah dengan gaya arsitektur minimalis justu akan berkurang di 2014. “Dengan adanya penghilangan teras, atap yang datar atau miring yang terdiri satu bidang saja justru membuat panas udara di sekitar rumah itu dan kecenderungan menggunakan AC,” jelas Yudi—sapaan akrabnya—melalui telepon kepada Rumah123.com (18/2).

 

Lebih lanjut Yudi memaparkan rumah minimalis saat ini justru dilengkapi dengan bukaan yang lebih banyak. “Keberadaan taman atau pohon-pohon di sekitar rumah menjadi penting agar menjadi lebih sejuk, nyaman dan segar,” tambahnya.

 

Saat ini, masyarakat tidak bertumpu pada gaya arsitektur. “Tetapi bertumpu pada rumah yang ramah lingkungan,” tandasnya. Prinsip rumah ramah lingkungan ungkap Yudi ada lima hal. Pertama, lahan yang digunakan untuk bangunannya tidak seratus persen. Biasanya disisakan sekitar 20-30 pesen untuk area terbuka hijau. Kedua, penggunaan hemat air dalam rumah. “Rumah ramah lingkungan telah menyiapkan penghematan air dan bahkan tempat pengolahan air,” ujar Yudi.

 

Lalu, ketiga penggunaan hemat energy di rumah ramah lingkungan. Penggunaan alat-alat elektronik yang hemat listrik salah satu indikasinya. Keempat, penggunaan bahan-bahan material yang ramah lingkungan atau eco product. “Seperti penggunaan atap yang digunakan tidak lagi asbes atau seng,” kata Yudi. Dan, terakhir bukaan yang banyak atau sistem sirkulasi di rumah tersebut. Sehingga sinar matahari dan udara yang masuk dapat lebih leluasa masuk ke rumah.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me