Kemenpera Adakan Pameran Rumah MBR di 10 Kota

Big Banner

Kemenpera akan mengadakan pameran rumah khusus MBR di 10 kota di Indonesia.

 

Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan mengadakan pameran rumah khusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

 

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz menjelaskan pihaknya akan mengadakan pameran rumah yang digelar oleh ratusan pengembang lokal di 10 kota di Indonesia. “Rumah yang dipamerkan dan dijual khusus MBR yakni rumah yang murah dan bersubsidi,” jelasnya dalam keterangan rilis yang diterima Rumah123 (19/8).

 

Kesepuluh kota tersebut diantaranya Banjarmasin, Makassar, Bogor, Tangerang, Palembang, Bandung, Medan, Semarang, Pontianak dan Malang. “Kota-kota lainnya menyusul di kesempatan berikutnya,” tambah Djan.

 

Memang pameran rumah khusus MBR baru 10 kota, namun pihak Kemenpera sudah ada dan merata di seluruh Indonesia. “Tiap wilayah harga maksimal yang ditentukan berbeda-beda. Namun kita sudah punya patokan harga sesuai zonasi,” ujar Djan.

 

Misalnya saja untuk Makassar, Palembang, Bandung, Medan, Semarang dan Bogor, harga rumah murah bersubsidi ini paling mahal Rp88 juta. Sementara untuk wilayah Banjarmasin, Pontianak dan Tangerang, harga jual rumah bersubsidi FLPP ini Rp95 juta. Dan, khusus Provinsi Papua dan Papua Barat, harga rumah Rp145 juta.

 

Tentunya rumah khusus MBR tersebut, pemerintah menetapkan beberapa persyaratan. Seperti mereka yang membeli haruslah belum memiliki rumah. Lalu penghasilannya maksimal Rp3,5 juta/bulan untuk rumah tapak dan Rp5,5 juta/bulan untuk rumah susun. Dan, memiliki NPWP atau surat pernytaan penghasilan. “Penyaluran dana FLPP ini melalui bank pelaksana,” ungkap Djan.

 

Menariknya, rumah subsidi ini diperoleh dengan cara mencicil. Dengan uang muka 10% dari harga dan bunga tetap 7,25% selama 20 tahun.  “Khusus untuk PNS bisa mendapatkan pinjaman uang muka dari Bapertarum. Sedang bagi pekerja atau buruh dapat pinjaman uang muka dari Jamsostek,” terang Djan.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com