Bekasi Jadi Surganya Belanja

Big Banner

Pembangunan pusat perbelanjaan diluar kawasan Jakarta

 

Saat ini untuk belanja warga Bekasi tak perlu lagi keluar kawasannya. Pasalnya di Bekasi telah banyak pusat belanja atau mal di kawasan ini. Dan sepertinya, Bekasi menjadi pilihan pengembang sebagai alternatif pembangunan pusat perbelanjaan di luar Jakarta.

 

Berdasarkan Survei Properti Komersial yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (14/8) menyebutkan pasokan ritel sewa di Jabodebek pada periode laporan meningkat cukup signifikan dengan mulai beroperasinya 7 (tujuh) pusat perbelanjaan baru yang sebagian besar berlokasi di Bekasi. Diantaranya Ciputra World, Menteng Square, Pondok Indah Street Galery yang berada di Jakarta. Lalu yang berada di kawasan Bekasi seperti Summarecon Mall Bekasi, Citra Grand Mall Extension, Grand Galaxy Mall dan Bekasi Junction.

 

Alasannya tentu berdasarkan pada kebijakan moratorium pemerintah atas pengembangan pusat perbelanjaan di Jakarta telah mengalihkan pusat pengembangan bisnis ritel ke wilayah luar Jakarta. Tercatat jumlah pasokan kumulatif ruang ritel sewa tercatat sebesar 3.967.577 m2, meningkat baik secara triwulanan sekitar 5,43% dan tahunan sekitar 15,13%.

 

Dalam kesempatan terpisah Olivia Surodjo, Director & Corporate Secretary PT Metropolitan Land Tbk., Bekasi berada di berada di tengah-tengah kawasan antara Jakarta dan kawasan Timur.“Jaraknya pun tidak jauh dari Jakarta. Jadi Bekasi itu kawasan yang menjadi penunjang utama Kota Jakarta dibandingkan kawasan lainnya. Potensi yang besar inilah banyak pengembang yang melirik kawasan ini untuk ritel,” katanya kepada Rumah123 baru-baru ini.

 

Sementara tingkat penyerapan ruang ritel sewa di Jabodebek meningkat sebesar 2,44% (qtq) hingga mencapai 96,85%. Harga sewa meningkat sebesar 3,07% dibandingkan triwulan sebelumnya menjadi Rp544.733/m2. Sejalan dengan kondisi ini, service charge meningkat sebesar 4,5% dibandingkan triwulan lalu menjadi Rp676.535/m2/bulan sebagai dampak  kenaikan TDL dan UMP.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com