BTN Masih Konsisten Pembiayaan Perumahan

Big Banner

Porsi pembiayaan Bank BTN di 2013 mencapai mencapai Rp78,72 triliun atau 86,12% dari total kredit

 

Sebagai bank pelat merah, PT Bank Tabungan Negara Tbk., konsisten dalam bisnis dalam pembiayaan perumahan. Berdasarkan paparan kinerja Bank BTN Semester I tahun 2013 di Menara BTN, (23/7) porsi pembiayaan di tahun ini mencapai Rp78,72 triliun atau 86,12% dari total kredit. Sementara sisanya sebesar 13,88% atau Rp12,68 triliun disalurkan untuk non perumahan.

 

Perseroan juga mencatatkan kredit dan pembiayaan hingga akhir Juni 2013 sebesar Rp91,4 triliun atau meningkat sekitar 26,78% dari periode yang sama di tahun lalu. Sementara ekspansi kredit bank yang fokus pada kredit properti jauh lebih tinggi dari industri perbankan yang hanya tumbuh 20,4%.

 

Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono mengungkapkan hingga semester I ini menjadi tantangan bagi industri di tengah kondisi makro yang belum kondusif. “Kredit BTN masih tumbuh dalam kisaran target yang direncanakan selama 2013, yakni kisaran 25%-28%,” ujarnya di Jakarta (23/7).

 

Pun, BTN aktif memberikan dukungan kepada program pemerintah dalam  bidang perumahan melalui skim fasilitas likuiditas pembiayan perumahan (FLPP). Selama tahun lalu kontribusi BTN dalam penyaluran FLPP mencapai  98%.

 

Ungkap Maryono, kebijakan Loan to Value (LTV) kredit pemilikan rumah (KPR) kedua yang akan diberlakukan pada awal September 2013 dipastikan tidak akan menggangu kucuran kredit perseroan. “Sekitar 97% kredit yang disalurkan BTN itu tersalurkan pada end user dan pemilik pertama,” ujarnya.

 

Kebijakan LTV tersebut kata Maryono akan menjamin stabilitas harga rumah untuk masyarakat menengah ke bawah. “Secara bisnis tidak ada masalah dengan penyaluran kredit BTN,” katanya.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me