Pergeseran Tren Lemari Es Tanah Air

Big Banner

Peluncuran produk lemari es dua pintu New Samurai dari Sharp (26/6).

 

Saat ini, peralatan rumah tangga seperti lemari es menjadi barang wajib setiap rumah. Maka dari itu, para produsen lemari es terus berkompetisi dalam meluncurkan produk canggihnya. Mereka berupaya meluncurkan produk bermutu tinggi dengan inovasi terbarunya.

 

Bila disimak ada benang merah mengenai produk lemari es yang diluncurkan oleh beberapa produsen elektronik tersebut. Kebanyakan yang diluncurkan produk lemari es adalah dengan dua pintu. Bila awalnya lemari es dengan satu pintu saat ini beralih menjadi lemari es dua pintu.

 

Menurut Fumihiro Irie, President Director PT Sharp Electronics Indonesia tren pasar yang berkembang saat ini terjadi pergeseran permintaan dari lemari es satu pintu ke lemari es dua pintu. “Hal ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya permintaan akan produk lemari es dengan kapasitas yang lebih besar dimana mampu menampung kebutuhan konsumen disamping juga adanya peningkatan daya beli konsumen,” jelasnya di saat peluncuran lemari es Sharp New Samurai di Jakarta (26/6).

 

Sementara itu Herdiana A. Pisceria, Product Marketing General Manager PT Sharp Electronics Indonesia selama ini kebanyakan konsumen membeli barang elektronik di harga Rp2 juta ke bawah. Kemudian, pada tahun 2012, kondisinya sudah mulai bergeser. Segmen pembeli di atas harga Rp2 juta porsinya telah meningkat 25% dibandingkan pada tahun 2011 yang hanya mencapai 17%.

 

“Kami percaya bahwa tren ini akan terus berlanjut seiring peningkatan daya beli konsumen. Pertumbuhan segmen menengah diyakini bakal menjadi motor penggerak pertumbuhan pasar elektronik di tahun 2013,” imbuh Herdiana.

 

Herdiana pun menjelaskan saat ini pangsa pasar lemari es Sharp mencapai 35% dari total produk lemari es di Indonesia dan menjadi pemimpin pasar dalam kategori produk lemari es. “Memang saat ini penjualan utama masih ditopang oleh lemari es satu pintu. Namun penjualan lemari es dua pintu tiap tahun meningkat siginifikan sekitar 25% dibandingkan tahun lalu dalam periode yang sama,” tandasnya.

 

Tak salah dengan meramaikan pasar lemari es dua pintu, Sharp meluncurkan beberapa produk. Seperti New Samurai dan Papillon. Lemari es New Samurai dilengkapi dengan tampilan gagang pintu desain cylinder handle dan rubber grip. Lalu dari sisi interior, terdapat extra big freezer untuk penyimpanan makanan dengan jumlah besar. New Samurai pun dibenamkan greenish inner part tray yang berwarna hijau yang mampu memberikan kesan segar dan menarik perhatian.

 

Sementara itu produk lemari es dua pintu lainnya yang dikeluarkan Sharp yakni Papillon. Keunikan seri ini dilengkapi dengan dual swing door, yaitu pintu dual akses kanan atau kiri yang dapat memudahkan konsumen dalam menggunakannya sehari-hari. Fitur drawer type buttom dimana freezer ditempatkan pada bagian bawah dan refrigerator diletakan pada bagian atas yang akan memudahkan pencarian makanan tanpa harus lelah membungkuk.

 

Haryanto
Foto: Dedy Mulyadi

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me