Intiland Berencana Terbitkan Obligasi Senilai 500 Miliar

Big Banner

 

Selain pengembangan proyek baru, prospek usaha PT Intiland Development Tbk (Intiland) ke depan juga tercermin dari pencapaian hasil kinerja keuangan.

 

Laporan keuangan triwulan I tahun 2013, pendapatan Intiland mencapai Rp418,645 miliar atau meningkat 50,3% dibandingkan periode yang sama 2012. Profitabilitas juga mengalami peningkatan. Tercatat laba bersih mencapai Rp80,04 miliar, naik sebesar 98,9% dibandingkan triwulan I tahun 2012.

 

“Dalam lima tahun terakhir, sejak 2008 hingga 2012, pertumbuhan rata-rata majemuk tahunan untuk pendapatan usaha sebesar 40 persen dan laba bersih sebesar 90 persen,” ungkap Archied Archied Noto Pradono, Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland.

 

lebih lanjut Archied mengatakan, Intiland berencana untuk menerbitkan obligasi senilai maksimal Rp500 miliar sebagai alternatif sumber pendanaan untuk pengembangan usaha.

 

Obligasi PT Intiland Development I tahun 2013 ini telah memperoleh peringkat idA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Obligasi ini terdiri dari dua seri, yakni seri A dengan tenor tiga tahun dan seri B dengan tenor lima tahun.

 

Intiland akan menggunakan dana hasil penawaran umum obligasi ini untuk pengembangan usaha dan investasi melalui pengembangan proyek yang sedang berjalan, proyek baru maupun akuisisi lahan baru.

 

“Penerbitan obligasi, salah satu alternatif sumber pendanaan yang sesuai untuk pengembangan proyek properti. Kami melihat momentumnya sangat baik dan kondisi pasar modal sedang tumbuh positif,” ujar Archied.

 

Rencananya, sebanyak 70% akan digunakan oleh anak-anak usaha untuk investasi dan pengembangan di segmen perumahan, mixed use dan high rise development, serta kawasan industri di pulau Jawa, melalui pengembangan proyek baru maupun akuisisi lahan atau perusahaan. “Sisa dana hasil penawaran sebanyak 30% akan digunakan untuk menambah cadangan lahan,” ungkap Archied.

 

Dedy Mulyadi
Foto : Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me