Cirebon, Kawasan Potensial di Jawa Barat

Big Banner

Upacara topping off @HOM Hotel Cirebon (17/6).

 

Kota di pantura (pantai utara) Jawa Barat, seperti Cirebon, memiliki potensi yang luar biasa. Hal ini didukung dengan adanya infrastruktur yang memadai. Diantaranya dengan adanya double track kereta api yang melintasi di kota ini. Lalu dengan rencana pembangunan Cikampek-Cirebon yang akan rampung di 2014.

 

Nah, menariknya nanti akan memperpendek waktu tempuh Jakarta-Cirebon. Tol ini juga akan memperkuat interkoneksi Jakarta dan Cirebon seperti kontribusi tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta-Bandung kurang dari 2 jam.

 

Menurut Anhar Sudrajat, Director of Business Development PT Metropolitan Land Tbk., Cirebon merupakan salah satu kota yang termasuk besar di Jawa Barat. “Dari sisi kawasan, Cirebon strategis. Yakni posisi sebagai penghubung antara kota Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tak hanya itu, Cirebon nantinya akan dilewati tol. Sehingga Cirebon akan menjadi kawasan central,” jelasnya disela-sela topping off @HOM Hotel Cirebon di Cirebon, (17/6).

 

Lebih lanjut ia mengungkapkan potensi Cirebon yang berkembang pesat itulah, membuat Cirebon semakin ramai didatangi wisatawan. “Tak hanya untuk menikmati pariwisatanya saja, tak sedikit pula wisatawan yang datang untuk mengembangkan bisnis di kota ini. Sebagai kota perlintasan dan persinggahan, prospek industri perdagangan dan jasanya di Cirebon juga sangat besar,” kata Anhar.  

 

Pendapat Anhar pun diamini oleh Presiden Komisaris PT Metropolitan Deta Graha, Dedi Tedja, Cirebon itu memiliki transportasi yang memadai seperti kereta, jalan tol dan pelabuhan. “Dibandingkan kota lain seperti Karawang dan Cikarang, kota Cirebon menjadi kawasan potensial pengembangan dari Jakarta,” tuturnya.

 

Melihat potensi itulah, Metropolitan Land (Metland) melirik kota ini untuk menancapkan proyek recurring income dengan bentuk hotel budget yakni @HOM Hotel Cirebon. Dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 1.131 meter persegi. Terdiri dari 8 lantai dan 1 lantai basement, hotel ini akan memiliki 97 kamar, dua meeting room dan satu ruang yang dapat dimanfaatkan untuk coffee shop. Lokasi @HOM Hotel Cirebon terbilang cukup strategis dengan aksesnya yang berjarak 100 meter dari stasiun kereta Cirebon dan sekitar 500 meter dari pusat perdagangan.

 

Total nilai investasi @HOM Hotel Cirebon adalah sekitar Rp50 milyar. “Presentase 30 persen dari perseroan dan sisanya sekitar 70 persen dari pinjaman bank,” jelas Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Ir. Nanda Widya.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com