Tambahan Rp3 Triliun untuk Program Perumahan Swadaya

Big Banner

Diperkirakan biaya perbaikan rumah pada program perumahan swadaya akan naik menjadi Rp10 juta.

 

Dengan adanya rencana kenaikan tarif dasar listrik dan bahan bakar minyak tentunya berimbas ke biaya perbaikan rumah. Dasar itulah Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengajukan penambahan untuk program perumahan swadaya sekitar Rp3 triliun di APBN-P 2013.

 

Jamil Ansari, Deputi Bidang Perumahan Swadaya mengungkapkan penambahan tersebut untuk memperbaiki satu unit rumah membutuhkan biaya lebih dari yang sudah dianggarkan. “Saat ini rumah dengan kerusakan sedang memperoleh bantuan Rp7,5 juta, dan diusulkan naik menjadi Rp10 juta. Sementara untuk rumah dengan kerusakan pasah diusulkan naik Rp20 juta, dari sebelumnya Rp15 juta,” jelasnya pada diskusi Pengalihan Subsidi BBM untuk Program Perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah yang Lebih Tepat Sasaran, di Jakarta (13/6).

 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa anggaran yang sudah disetujui saat ini sebesar Rp2 triliun untuk 200.000 unit rumah. “Anggaran tambahan tersebut diharapkan dapat memberikan bantuan perbaikan rumah lebih banyak lagi,” tandas Jamil.

 

Jadi untuk tahun ini secara total rumah yang bisa dibantu mencapai 400.000 unit. “Hingga saat ini pihaknya telah menerima permohonan perbaikan rumah mencapai 590.000 unit,” kata Jamil.

 

Haryanto
Foto: Dedy Mulyadi

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me