Bank Syariah Ini Tawarkan Bagi Hasil KPR Tetap 11 Persen

Big Banner

Bank Muamalat tawarkan kepada konsumen KPR dengan bagi hasil 11 persen dan floating untuk tahun pertama 8-9 persen.

 

Ada gula, ada semut. Biar usang, pepatah tadi pas mengomentari satu hal yang kini terjadi di perbankan kita. Kini, hampir seluruh bank (besar atau kecil) berlomba memberikan fasilitas kredit pemilikan rumah atawa KPR. Buat bank-bank itu, booming di bisnis properti adalah peluang untuk mengguyurkan kredit konsumsi berwujud KPR. Alhasil, tak sedikit bank yang terkesan jor-joran ke konsumen, antara lain, dengan memberikan bunga yang sangat rendah.

 

Dikepung gejala itu, sebagai salah satu bank syariah, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk., menawarkan ke konsumen KPR-nya dengan bagi hasil terbilang menarik. Mereka menggoda konsumen dengan bagi hasil KPR sekitar 11 persen tiap tahun hingga masa jatuh tempo kredit.  

 

Penawaran dari Bank Muamalat itu ditawarkan dengan 2 skema. Pertama, bagi hasil fix dan kedua floating. Menurut Director Finance and Operations Bank Muamalat, Hendiarto penawaran KPR yang fix itu sekitar 11 persen hingga jatuh tempo. “Sementara yang floating untuk tahun pertama 8-9 persen mengikuti perkembangan pasar,” ungkapnya dalam keterangan rilis yang diterima Rumah123 (7/6).

 

Lebih lanjut Hendiarto mengungkap soal alokasi penyaluran kredit KPR. “Sepanjang 2013 sekitar 25 persen dari target total kredit perseroan tahun sebesar Rp45 triliun. Hingga kuartal pertama 2013, total aset perseroan mencapai Rp 46,5 triliun dan laba sebelum pajak mencapai Rp186 miliar,” tambahnya.

 

Berdasarkan data dari Bank Muamalat dari 2009 hingga 2012, aset perseroan tumbuh dari Rp16 triliun menjadi Rp44,9 triliun. Dan besarnya Dana Pihak Ketiga (DPK) juga ikut naik dari Rp13,3 triliun menjadi Rp34,6 triliun.

 

Sementara pembiayaan tumbuh dari Rp11,4 triliun menjadi Rp32,8 triliun. Perseroan juga mencatat pertumbuhan laba sebelum bunga, pajak, penyusutan amortisasi (Ebitda) dari Rp65 miliar menjadi Rp561 miliar.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me