Kondominium Menengah Kuasai Pasar di Kuartal Pertama 2013

Big Banner

Pembangunan kondominium di Jakarta

 

Perkembangan kota Jakarta beberapa tahun terakhir, terutama dilihat dari sisi arus komuter dari pinggiran (Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi/Bodetabek) dan Jakarta, makin tinggi intensitasnya. Bisa dikatakan, semakin hari makin banyak warga masyarakat dari kawasan pinggiran tersebut yang berkeinginan masuk ke tengah kota.

 

Kecenderungan ini memang dapat dimaklumi, mengingat kemacetan lalu lintas yang kondisinya semakin parah. Sementara, keberadaan sistem transportasi dari kawasan pinggiran ke kota seperti kereta api (KA) maupun bus angkutan umum kondisinya tidak semakin nyaman dan malahan semrawut.

 

Untuk itulah, saat ini masyarakat lebih memilih tinggal di tengah kota atau sekitar central business district (CBD) ketimbang di kawasan pinggiran kota. Mereka menilai, selain lebih nyaman dan aman, tinggal di dalam kota juga lebih efisien dalam mendukung aktivitas kehidupannya sehari-hari.

 

Pernyataan tersebut diamini oleh Luke Rowe, Head of Residential Jones Lang LaSalle Indonesia dalam Quarterly Media Briefing. “Rendahnya suku bunga bank dan meningkatnya minat orang membeli hunian di tengah kota masih merupakan faktor pendorong utama tingginya tingkat penjualan di pasar kondominium,” ungkapnya di Jakarta             (17/4).   

 

Lebih lanjut Luke memaparkan soal kondominium di Jakarta. Menurutnya, penjualan kondominium di pasar primer sepanjang triwulan ini mencapai sekitar 4,300 unit, atau hampir sama dengan triwulan sebelumnya yang tercatat sebagai rekor tertinggi dalam dekade terakhir.

 

“Hal itu jugalah yang mendorong pengembang gencar meluncurkan proyek-proyek baru selama periode Januari ke Maret jumlahnya mencapai sekitar 2,800 unit. Dan menariknya, pengembang gencar meluncurkan kondominium kelas menengah sekitar 1.800 unit. Diperkirakan tren maraknya peluncuran proyek baru ini akan terus berlangsung dalam beberapa triwulan mendatang dan kemungkinan melambat menjelang periode pemilu tahun depan,” kata Luke.

 

Haryanto
Foto: Haryanto

rumah123.com