Ekspansi Perumahan Mulai Mengarah ke Luar Kota

Big Banner

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI — Rangkaian acara pembukaan Tribun Jambi Property Expo 2013 juga diiringi dengan acara bincang-bincang seputar pengembangan perumahan.

Acara bincang-bincang tersebut menghadirkan beberapa pembicara seperti SY Fasha (ATAKI), Hasan Fauzi (REI), Nita (Garis Dimensi), Pahlevi (BTN), Andi (NGK), dan Joyo (Dinas Tata Kota).

Dipandu oleh Wartawan Tribun Jambi Suang Sitanggang, acara itu membahas berbagai hal seputar perumahan, dan yang menjadi perhatian para pembicara adalah mengenai pembangunan rumah untuk masyarakat menengah ke bawah. Fokusnya adalah bagaimana agar masyarakat menengah ke bawah juga harus bisa diberi kemudahan untuk mendapatkan perumahan.

Seperti yang dikatakan Ketua REI Hasan Fauzi, dia mengatakan bahwa masyarakat yang berpenghasilan rendah  harus diprioritaskan.

Dalam dialog itu juga terungkap bahwa, di Kota Jambi lahan yang tersedia untuk pengembangan rumah adalah untuk kalangan menengah ke atas. Sedangkan untuk masyarakat menengah ke bawah mulai mengarah ke luar kota.

Joyo dari Dinas Tata Kota mengatakan, Pemerintah kota Jambi terus mengawasi pengembangan perumahan yang ada di kota Jambi.

Dijelaskannya 10 tahun belakangan, di Jambi pengembangan perumahan sangat pesat. Data akhir  2012 sudah tercapai 110 ribu, sedangkan targetnya 160 ribu, jadi kekurangan saat ini adalah 50 ribu lagi.

Sementara itu SY Fasha menyorot beberapa persoalan, di antaranya mengenai pemanfaatan tenaga kerja lokal dalam proses pembangunan. Dikatakan Fasha, jika para pengembang banyak memakai tenaga kerja lokal di Kota Jambi, maka serapan tenaga kerja juga akan tinggi, sehingga jumlah pengangguran dapat ditekan.

Pahlevi dari BTN (Bank Tabungan Negara) mengatakan, selama 2012 BTN telah menyalurkan RP 242 miliar untuk KPR, dan pada 2013 ditargetkan mencapai Rp 260 miliar.

General Manager NGK Andi mengatakan, Jambi di mata investor memang memiliki iklim yang sangat baik bagi bisnis pengembangan perumahan. “Iklim bisnis di Jambi sangat baik, animo masyarakat tinggi,” kata Andi. Hal ini ditandai dengan beberapa pengembang nasional yang mulai masuk ke Jambi.(Tribun Jambi/mai)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me