Ini Dia Bentuk Layout Dapur

Big Banner

Bentuk layout dapur U, memberikan ruang yang cukup leluasa untuk aktivitas memasak.

 

Ruangan yang satu ini memang harus didesain sesuai dengan kebutuhan agar memudahkan kerja Anda. Ya, kunci untuk mencapai hal tersebut adalah memahami proses kerja yang Anda lakukan di dapur.

 

Untuk itu, Anda harus mengikuti bentuk dapur. Beragam bentuk umum dari dapur dapat menjadi panduan Anda. Seperti bentuk I,L,U, Koridor, dan Island, yang menjadi patokan standar pembuatan dapur saat ini. Lebih jelasnya, Anda bisa memahami keterangan tentang aneka layout umum dapur berikut ini.

 

Dapur I

Bentuk dapur ini terbilang simpel. Hanya menempati satu sisi dinding sajaRuang simpan sedikit, baik kulkas, sink maupun kompr berada satu garis, sehingga Anda cukup bergeser kanan-kiri untuk bekerja.

 

Cocok untuk diterapkan di apartemen atau rumah yang mungil. Namun aktivitas bekerja dapat terganggu jika ada lalu-lalang orang. Dalam keadaan kotor, dapur ini dapat terlihat kotor, karena pandangan dari luar bebas mengarah ke dapur.

 

Dapur L

Salah satu sisi memuat dua zona kerja, dapur L terlihat lebih terbuka ketimbang layout U. Kelebihannya, Anda mendapat kesan ruang yang lebih luas. Jumlah cabinet otomatis berkurang, tetapi alur kerja tetap efisien. Meski begitu, orang lain dapat mudah masuk ke dapur.

 

Dapur U

Ini layout ideal untuk mewujudkan konsep segitiga kerja. Anda dapat menggapai aneka zona dengan mudah, dan tersedia cukup banyak area simpan. Anda dapat menerapkannya pada ruang yang besar atau kecil. Yang penting jarak antara kabinet yang saling berhadapan minimal 1,5 meter atau maksimal 3 meter.

 

Bentuk ini memberikan ruang yang cukup leluasa untuk bekerja, terhindar dari lalu lintas orang. Namun layout ini akan terkesan sempit, terutama bila Anda  memasang kabinet atas pada semua sisi dinding. Salah satu sisi dapat saja diisi dengan meja saji atau meja makan, sehingga terlihat imbang.

 

Dapur Koridor

Bila dapur Anda terpaksa menempati area serupa koridor, maka layout seperti ini patut dipertimbangkan. Terdiri dari dua kabinet yang tidak tersambung langsung, masing-masing menempati sisi koridor sendiri. Salah satu sisinya berisi dua zona kerja sekaligus.

 

Jarak antara kabinet berhadapan sebaiknya minimal 1,2 m agar memudahkan manuver. Namun, dapur seperti  ini berpotensi tidak nyaman bila kedua ujung koridor terbuka dan menjadi penghubung antara dua ruang yang berbeda, karena lalu lintas mungkin amat sering terjadi.

 

Dapur Island

Jika dapur I terlalu terbatas, Anda dapat menambahkan sebuah meja island di depannya. Fungsikan sebagai tempat kompor dengan cooker hood menggantung di atas. Meja island tersebut sekaligus menjadi meja saji atau meja makan mungil. Bagian bawahnya dapat difungsikan sebagai rak-rak penyimpanan peralatan memasak atau peralatan makan.

 

Haryanto
Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me