Indonesia Jadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Kedelapan di 2050

Big Banner

Tabel 1: Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan di 2050

 

Di 2050, Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar kedelapan dunia yang mengambil alih posisi Inggris dan Prancis yang nantinya tersingkir dari sepuluh besar. Demikian dalam rilis Pricewaterhouse Cooper (PwC) dalam laporan “World in 2050: The BRICs and beyond: prospects, challenges and opportunities” (16/1).

 

Prediksi dari PwC berdasarkan sejumlah faktor kunci yang meliputi pertumbuhan populasi usia kerja (berdasarkan proyeksi populasi Perserikatan Bangsa-bangsa), peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dilihat dari taraf pendidikan, pertumbuhan cadangan modal dan faktor total dari pertumbuhan produktivitas yang didorong oleh kemajuan teknologi

 

Sementara India akan menjadi ke-3 terbesar, diikuti Brazil yang bertengger di posisi ke-4 menggeser Jepang. Kemudian Rusia di posisi ke-6, akan menjadi negara Eropa terbesar mengalahkan Jerman. Barulah kemudian posisi ke-7 diisi Meksiko. Inggris jadi ke-11 dan Prancis bercokol ke-10.

 

Nah, negara benua Asia dan Afrika pun unjuk gigi seperti Vietnam, Malaysia dan Nigeria. Dan negara Polandia pun memperlihatkan taringnya menjadi pemain besar di benua Eropa.

 

Dalam laporan itu juga melaporkan ekonomi dunia tumbuh 3 persen per tahun dari 2011 ke 2050, berlipat dua di tahun 2032 dan berlipat dua lagi di tahun 2050. Menariknya, di 2017, China diprediksi menyodok posisi Amerika Serikat sebagai kekuatan ekonomi terbesar dalam hal purchasing power parity (PPP) dan di tahun 2027 dalam hal nilai pasar saham.

Haryanto
Foto : Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me