Keamanan, Faktor Utama dalam Mendesain Rumah Sakit

Big Banner

Salah satu desain rumah sakit di Phoenix Children’s Hospital

 

Pergi ke rumah sakit biasanya bukan hal yang menyenangkan. Kesan aroma obat dan menyeramkan begitu menancap di benak kita. Itulah gambaran rumah sakit dahulu. Saat ini banyak rumah sakit telah mengubah tampilan desain interior. Pasien maupun pengunjung akan merasa nyaman dengan kehadiran sofa empuk dan permainan warna dinding yang colorfull.

 

Menurut Dina Hartadi, Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) Jakarta dalam mendesain rumah sakit berbeda dengan desain ruang untuk mal ataupun rumah. Hal yang paling utama adalah unsur keamanan. “Keamanan merupakan yang paling penting dibandingkan dalam mendesain rumah sakit,” jelasnya kepada Rumah123.com di Jakarta (7/1).  

 

Lebih lanjut Dina mengatakan ruangan-ruangan rumah sakit haruslah didesain healing environment. “Desain itu haruslah membuat atau mendukung untuk penyembuhan. Pasien jadi merasa di tempat yang tepat dan ditangani oleh orang yang tepat,” tandasnya.

 

Hal lainnya dalam mendesain rumah sakit kata Dina, yakni haruslah berpegang pada nosokomial. “Rumah sakit pun merupakan sumber dari berbagai jenis penyakit karena kondisi bakteri yang beterbangan di lingkungan rumah sakit sangat membahayakan orang sehat,” katanya.

 

Nah, berkaitan dengan itu pilih bahan material untuk rumah sakit yang bebas bakteri seperti cat anti bakteri. “Tak hanya itu, desain publik toiletnya tidak perlu menggunakan pintu masuk. Dengan adanya pintu dipastikan bakteri yang ada ditangan akan menyentuh pintu tersebut. Jadi tidak usah dipegang tinggal masuk saja. Istilahnya free hand,” papar Dina.  

 

Desain rumah sakit haruslah memikirkan tidak hanya pasien saja. Tetapi pengunjungnya pun harus juga dipikirkan. “Ada warna yang healing colours dan healing garden. Itu semua tujuan untuk pasien dan pengunjung,” jelas Dina. 

 

Haryanto
Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me