Cermat Memilih Dan Merawat Kaca Dekorasi

Big Banner

Dengan dekorasi kaca patri pada daun pintu dan jendela, kesan yang ditampilkan pun jadi lebih artistik nan elegan.

 

Hunian tampil menawan dengan sentuhan artistik adalah dambaan semua orang. Terlebih jika sentuhannya mampu menciptakan nilai estetika yang indah dipandang mata

 

Bentuk estetika dapat diperoleh dari sesuatu yang terkadang tidak dipedulikan. Kaca misalnya, elemen rumah satu ini bagi sebagian orang justru belum dianggap sebagai elemen yang prioritas untuk memperindah rumahnya.

 

Namun, jika kaca itu dapat diolah menjadi sebuah bentuk yang menarik, pastinya kesan yang ditampilkan jadi lebih artistik nan elegan. Dengan menggunakan dekoratif kaca patri, tampilan daun pintu ataupun jendela pun jadi terlihat cantik.

 

Perlu Anda ketahui bahwa, seni dekoratif kaca patri sudah ada sejak abad ke-10. Penggunaan kaca patri juga memiliki umur yang amat panjang. Karenanya kaca patri masih terus diminati hingga kini.

 

Rangka kaca patri terbuat dari bahan timah, seng, atau tembaga yang diukir dengan perpaduan seni warna dan seni lukis. Kaca ini umumnya digunakan pada daun pintu atau jendela rumah. Tak hanya hunian, bangunan ibadah seperti masjid dan gereja pun kerap menampilkan kaca patri pada sisi bangunannya.

 

Tak melulu bergaya klasik dan etnik. Kini, kaca patri juga tampil dengan hiasan bermotif flora, fauna serta batik. Untuk menciptakan hunian jadi tampil menawan lewat kaca patri serta bagaimana merawatnya. Berikut ini cara jitu untuk merawat dekorasi kaca patri. 

 

Tips merawat dekorasi kaca patri

  1. Pastikan penempatan kaca patri benar, tidak diletakkan pada sudut yang sulit dibersihkan.
  2. Pasang sistem triplon glass, karena akan memudahkan perawatan saat membersihkan. Jadi jauh lebih efisien, sama dengan kaca polos.
  3. Bersihkan kaca patri secara rutin setiap minggunya sehingga debu tidak menumpuk.
  4. Jika kaca patri terdapat kotoran pada bagian sela-sela kaca, bersihkanlah dengan benda tajam. Tentunya harus hati-hati dan telaten. Siapkan juga kain katun, lem silikon, sabun colek serta air bersih.
  5. Selanjutnya, campur air bersih dengan sabun colek hingga berbusa. Celupkan kain katun dan bersihkan seluruh permukaan kaca patri. Setelah selesai, bilas sampai bersih, dan gunakan kain kering untuk mengeringkannya.

 

Selamat mencoba. Semoga tips singkat ini bermanfaat.

 

Tinu Sicara
Editor : Dedy Mulyadi
Foto : Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me