Jasa Marga Lirik Usaha Properti

Big Banner

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Untuk menopang pendapatan di luar usaha tol, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mulai melirik usaha properti dengan membuat anak usaha baru yang bernama PT Jasa Marga Properti. Maklum, selama ini fokus perseroan memang di bidang jalan tol, sedangkan usaha di luar tol hanya sebagai faktor pendukung.

“Selain untuk meningkatkan pendapatan, Jasa Marga juga ingin mengembangkan daerah perumahan di seluruh wilayah di Indonesia,” jelas Abdul Hadi, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, Rabu (3/1/2013).

Namun demikian, hingga saat ini sejumlah wilayah yang akan dikembangkan melalui properti masih belum bebas proses pembebasan lahannya.

Saat ini, perseroan masih melakukan proses legalitas anak usahanya tersebut. Jasa Marga berharap, legalitas hukum untuk usaha propertinya bisa diperoleh pada akhir Januari atau awal Februari 2013.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jasa Marga menargetkan pendapatan usaha sepanjang 2012 sebesar Rp 5,6 triliun. Angka tersebut naik 14, 2 persen dibandingkan pendapatan usaha sepanjang 2011 sebesar Rp 4,9 triliun.

Adityawarman, Direktur Utama Jasa Marga, mengatakan peningkatan pendapatan tersebut dipicu oleh meningkatnya volume kendaraan yang mencapai 1,2 miliar kendaraan, naik 8,9 persen dibandingkan realisasi 2011sebanyak 1,09 miliar kendaraan.

“Volume kendaraan tersebut di beberapa ruas jumlahnya relatif lebih besar dibandingkan dengan kapasitas standar yang dilayani Jasa Marga,” jelas Adityawarman.

Aditya menuturkan, pendapatan usaha sepanjang 2012 terbagi atas dua transaksi, yakni tol dan usaha lain. “Pendapatan transaksi tol diperkirakan mencapai Rp 5,5 triliun dan sisanya kegiatan diluar tol,” ujarnya, Kamis (3/1/2013).

Tahun ini, Jasa Marga menargetkan pendapatan usaha tol sebesar Rp 6,5 triliun. Saat ini, Jasa Marga telah mengoperasikan jalan tol sepanjang 545 kilometer jalan atau 73 persen dari seluruh jalan tol di Indonesia di mana dioperasikan oleh sembilan kantor cabang dan tiga anak usaha.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me