Inilah Ikon Kampus Hijau di Indonesia

Big Banner

Kampus ATMI Cikarang didesain dengan arsitektur yang mendukung dari sisi design sun shading sehingga dapat mengurangi external heat load.

 

Sebuah konsep pembangunan yang memperhatikan aspek penggunaan material, pemanfaatan energi, desain dan konstruksi, maupun manfaat dan pengaruhnya bagi lingkungan itulah wujud dari akademi teknik mesin terbaik di Indonesia melalui pembangunan Kampus Ecotech Ignatius Loyola yang menerapkan konsep Sustainable Construction.

 

Pembangunan tersebut atas kerjasama antara Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI) Cikarang dan Holcim. Menurut President Director Holcim Eamon Ginley, pihaknya memberikan dukungan penuh kepada ATMI Cikarang dalam pelaksanaan pembangunan. “Adanya kesamaan visi untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik melalui konsep Sustainable Construction. Kami berharap dengan pembangunan gedung ini dapat menjadi pelopor serta inspirasi bagi seluruh masyarakat dalam melakukan pembangunan yang selaras dengan kelestarian lingkungan secara menyeluruh” ungkapnya saat peresmian Icon Sustainable Campus di Cikarang (4/12).

 

Menariknya, kampus yang berada di Jababeka Education Park- Cikarang ini menerapkan konsep sustainable construction yang telah diadaptasi oleh Holcim Foundation dengan memperhatikan aspek 5P yaitu Progress, People, Planet, Prosperity, dan Proficiency. Dengan konsep tersebut, gedung perkuliahan kampus ATMI Cikarang menjadi gedung hemat energi dan ramah lingkungan (sustainable building) yang menjadi landmark di Indonesia yang menggunakan  sistem pendingin radiant cooling.

 

Konsep gedung yang memiliki luas sekitar 3.672 m2 tersebut dibangun dengan desain dan teknologi ramah lingkungan yang pertama di Indonesia. Gedung 4 lantai ini didesain secara responsif terhadap kondisi iklim di area Cikarang – termasuk sinar matahari, sirkulasi udara, serta air hujan – dan diintegrasikan dengan teknologi terkini sebagai pendukung sehingga selain dapat memenuhi kenyamanan pengguna juga dapat meringankan beban operasional.

 

Nantinya kampus ATMI akan menggunakan kaca yang double glass low E, tembok maupun atap menggunakan isolasi sehingga menimbulkan efek hemat energi. Lalu sistem air conditioner (AC) menggunakan chilled water temp dengan suhu 16-19 derajat celcius sehingga  efisiensi chiller lebih baik. Dan tentunya bangunan yang didesain oleh PT. Urbane Indonesia ini menggunakan lampu LED yang dipastikan akan menghemat energi listrik.

 

Sementara itu, Peter Bissegger dari SITECO menambahkan konsep sustainable construction perlu dipahami. “Tidak hanya sebatas rancang bangun fisik, namun juga bagaimana desain dapat mengangkat nilai-nilai lokalitas,” katanya.

 

Haryanto

Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me