4 Tips Agar Makanan Awet di Kulkas

Big Banner

Jangan memenuhi isi kulkas terlalu banyak dan sisakan ruang antara produk untuk memungkinkan adanya sirkulasi udara.

 

 

Gaya hidup modern mengubah aktivitas manusia. Seperti aktivitas belanja harian ke pasar mulai beralih belanja mingguan bahkan bulanan ke supermarket. Dengan berubahnya aktivitas tersebut tentunya mengubah kebiasaan memasak dan mengonsumsi makanan segar.

 

Berdasarkan Electrolux Food Survey Asia Pasifik 2012, ditemukan fakta bahwa setengah dari responden dari negara-negara berkembang seperti Singapura, Korea, Taiwan dan Australia akan tetap mengonsumsi makanan setelah tanggal kadaluarsa.

 

Tragis bukan? Nah, jika Anda ternyata tidak mampu untuk mengonsumsi semua yang telah dibeli minggu itu, terdapat beberapa cara untuk memperpanjang masa simpan bahan makanan segar di dalam kulkas.

 

Menurut Tanti Olivia, Product Marketing Manager Kitchen Appliances PT Electrolux Indonesia memberikan solusi penyimpanan tepat bahan makanan sehari-hari. Berikut beberapa tipsnya:

 

1. Pastikan Aliran Udara yang Baik di Dalam Kulkas

Perhatikan kulkas dan isinya agar memungkinkan sirkulasi udara mengalir dengan baik. Hal ini penting karena sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan suhu menjadi berbeda di tiap bagian kulkas. Kulkas pun menjadi tidak efisien dalam beroperasi karena menggunakan listrik lebih dari yang seharusnya.

 

Temukan ventilasi udara dalam kulkas, pastikan Anda tidak menutupnya. Jangan memenuhi isi kulkas terlalu banyak dan sisakan ruang antara produk untuk memungkinkan adanya sirkulasi udara.

 

2. Memisahkan dan Mengatur

Pernahkah Anda mendengar ungkapan “Satu buah apel busuk akan merusak yang lainnya dalam keranjang”. Hal ini disebabkan karena sebuah apel yang busuk dapat mengeluarkan banyak gas etilene yang akan mempercepat matangnya atau busuk apel lainnya.

 

Artinya penempatan makanan  di dalam kulkas akan berpengaruh. Jika Anda menyukai apel dingin, tempatkan dalam tas plastik sebelum menempatkannya di sebelah produk lain. Sama halnya, jangan menyimpan tomat dan timun bersebelahan tanpa dibungkus terlebih dahulu.

 

Begitu juga tempatkan susu dalam rak, bukan dalam pintu kulkas. Karena produk yang disimpan di dalam pintu kulkas lebih sering terpapar suhu ruangan. Ruang pintu kulkas sebaiknya diperuntukkan bagi produk yang memiliki daya tahan lebih lama dibanding susu, seperti soda, bumbu-bumbu dan saus salad.

 

Sementara untuk telur, ditempatkan dengan posisi terbalik. Dengan bagian yang lebih besar menghadap ke atas dan cara ini dapat membuatnya segar selama seminggu. Lalu sayuran sebaiknya ditempatkan di laci sayuran agar lebih bisa bertahan dari perubahan suhu. Dan, tempatkan makanan di dalam pintu kulkas.

 

3. Bungkus Makanan Anda

Jangan pernah tinggalkan makanan di kulkas tanpa ditutup terlebih dahulu. Makanan tersebut bisa jadi mengandung bakteri yang akan berpindah ke daging mentah dan sisa makanan lainnya akibatnya akan rusak sebelum waktunya. Sebaiknya menggunakan aluminum foil  sebelum menempatkannya di freezer.   

 

4. Atur Kelembaban 

Pilihlah jenis makanan yang memiliki banyak mengandung air supaya tetap segar dan lebih tahan lama. Tempatkan kertas di dasar laci yang dapat menyerap kelembaban dan menjaga makanan dari pembusukan lebih cepat.

 

Haryanto
Foto : Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me