Tahun Depan, Ada Banyak Ketidakpastian!

Big Banner

Tahun Depan, Ada Banyak Ketidakpastian!

Tahun Depan, Ada Banyak Ketidakpastian!

 

Lembaga riset Morgan Stanley memprediksi sepanjang 2012, pertumbuhan industri properti Indonesia banyak didongkrak oleh kenaikan harga maupun volume produk dari para pengembang. Namun mereka memrediksikan, tahun depan kemungkinan hanya ditunjang oleh kenaikan harga jual karena stok mulai terkendala lahan yang makin terbatas.

Hasan Pamudji, Senior Research Manager Knight Frank Indonesia, “Kebutuhan akan tetap ada, terutama untuk hunian. Namun, ada banyak ketidakpastian pada tahun 2013, mulai dari kondisi ekonomi global hingga penundaan pembelian properti akibat kebijakan loan to value maksimal 70% dari Bank Indonesia,” ujarnya.

 

Menurut dia, walaupun perekonomian Indonesia banyak ditopang oleh kekuatan domestik, masih ada kemungkinan terpengaruh krisis ekonomi global, sebab motor penggerak ekonomi Asia, yakni China dan India juga mulai mengalami perlambatan di sektor properti.

Saat ini, dia menambahkan, Indonesia masih dilirik oleh para investor asing di sektor properti karena menawarkan imbal hasil paling tinggi di Asia Pasifik. Tetapi, ketika krisis di AS dan Eropa mulai membaik, bisa jadi investor juga melirik ke sana.

 

“Kalau soal lahan makin terbatas, memang di daerah lain lahan masih banyak tersedia, tapi bagaimanapun motor properti Indonesia masih terfokus di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi),” terang Hasan. 

 

Penulis: Ferdinand Lamak

Foto: Istimewa

rumah123.com