Pencahayaan Kontras, Musuh Utama Ruang Kerja

Big Banner

Di ruang kerja, seharusnya ada cahaya yang cukup merata.

 

Pencahayaan yang kontras merupakan musuh utama di ruang kerja. Sebaiknya di ruang ini hindari kontras yang jauh dan pencahayaan yang merata.

 

Tata cahaya di suatu ruangan mempengaruhi mood seseorang dalam beraktivitas. Seperti tata cahaya di ruang kerja. Disadari atau tidak, tata cahaya mempengaruhi kinerja Anda.

 

Ruangan kerja yang terlalu terang akan menyilaukan dan menyiksa mata. Begitu sebaliknya, jika ruang yang gelap, dengan cahaya monitor komputer yang kuat, membuat Anda tidak betah berlama-lama bekerja. Akibatnya produktivitas pun menurun.

 

Nah, untuk itu diperlukan tata cahaya yang tepat agar Anda nyaman bekerja. Sebuah pencahayaan yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan Anda, sekaligus hemat energi.

 

Sebenarnya musuh utama di ruang kerja adalah pencahayaan yang kontras.  Secara visual jangan ada kontras yang jauh. Satu area terang, sementara lainnya gelap. Seharusnya ada cahaya yang cukup merata di ruang kerja.

 

Keadaan ini bisa dicapai dengan perpaduan general lighting dan task lighting yang tepat. General lighting memberi pencahayaan yang cukup untuk aktivitas seperti berjalan ke ruangan lain. Sementara task lighting memberi pencahayaan untuk aktivitas khusus, semisal membaca – yang butuh cahaya lebih terang. Untuk kedua jenis tata cahaya itu, gunakan cahaya putih agar mata Anda nyaman.

 

Semantara general lighting, Anda dapat membuat beberapa kombinasi. Anda dapat menggunakan lampu fluorescent di ceiling pada bagian atas meja kerja. Atau downlight halogen di sudut dan tepi ruang. Beri rumah lampu pada bola lampu sehingga cahaya lebih fokus dan tidak langsung terlihat mata. Ini berguna untuk mencegah silau. Cara lain adalah dengan menempatkan lampu pada posisi sudut di atas 45 derajat dari arah pandangan mata.

 

General lighting ruang kerja dapat juga dengan indirect light. Misalnya dengan menempatkan lampu TL di drop ceiling, atau di atas kabinet. Dengan indirect light, cahaya tidak langsung diterima objek, jadi bisa mencegah silau juga.

 

Untuk meja kerja, Anda dapat menempatkan task lighting yakni menggunakan lampu meja adjustable, atau downlight dari plafon. Posisikan agar cahaya jatuh di atas meja kerja. Cahaya yang jatuh di atas kepala Anda bisa menimbulkan bayangan di meja kerja. Secara psikologis Akan membuat Anda tidak nyaman.

 

Anda dapat menggunakan lampu fluorescent atau halogen untuk ini. Hal yang sama juga berlaku untuk pencahayaan di area komputer Anda. Jangan sampai ada pantulan cahaya di monitor karena bisa menimbulkan silau.

 

Task lighting dapat juga ditempatkan untuk lemari file atau lemari buku. Dengan menggunakan lampu adjustable yang dipasang di ceiling. Usahakan arah cahaya membentuk sudut 30 derajat terhadap ceiling.

 

Nah, jika Anda sering menggunakan meja gambar, sebaiknya Anda juga menambahkan lampu untuk area kerja Anda itu. Gunakan lampu TL yang cahayanya merata sehingga tidak ada kontras di bidang kerja Anda. Semoga usaha tersebut dapat membuat Anda dapat bekerja lebih nyaman lagi.

 

Haryanto

Diolah dari berbagai sumber

Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me