Menpera Harus Dapat Memposisikan Sebagai Developer

Big Banner

Banyak hal, mesti dilakukan oleh Menteri Perumahan Rakyat yang baru ini. Selain regulasi dan program pemerintah. Gebrakan kepemimpinan Menpera juga sangat dinantikan oleh para pelaku properti

 

 

Bergantinya kepemimpinan baru di tubuh Kementrian Perumahan Rakyat, memberikan beberapa pertanyaan, sekaligus harapan besar bagi masa depan perkembangan properti di Indonesia. Para pelaku bisnis properti pun mempunyai pandangan tersendiri tentang kepribadian Djan Faridz sebagai Menteri Perumahan Rakyat yang baru ini.

Memiliki latarbelakang sebagai pengusaha properti yang cukup dikenal bagi para konsumen bahkan pemain properti di Tanah Air. Djan Faridz juga diharapkan mempunyai kekuatan penuh untuk menjalankan lokomotif pembangunan negara ini.

 

“Penggantinya harus memiliki kinerja yang jauh lebih baik lagi,” jelas Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso saat berbincang dengan rumah123.com, lewat percakapan yang singkat. “Kami juga sudah bertemu dengan beliau. Saya rasa, kami sudah mempunyai kesamaan misi untuk mengedapankan properti Indonesia,” ucap Setyo.

 

“Aturan main serta regulasi yang sudah ada dan belum dijalankan juga telah kami informasikan untuk ditindaklanjuti kepada Menpera yang baru. Agar tidak salah langkah, beliau juga sudah mengevaluasi tantangan ke depan, tentang bagaimana memajukan pembangunan. Jadi kita tunggu evaluasi tersebut,“ ungkapnya.

 

Setyo berargumen, Pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono sudah tepat memilih Djan Faridz sebagai Menpera. Dengan kepemimpinan beliau, semoga dapat memberikan angin segar bagi kami pengusaha properti.

 

“Saya berharap semua yang terkait dalam sektor properti dapat mendukung sepenuhnya. Hal yang terpenting adalah rancangan regulasi yang diterapkan Menpera jelas aturan mainnya dan mampu diterima dengan baik oleh para developer,” tambahkannya.

 

Setyo bersama teman-teman REI juga mengapresiasi terpilihya Djan Faridz sebagai Menpera karena dinilai sudah banyak terjun di bidang properti. Dengan demikian diharapkan, segala langkah yang Menteri baru ambil selaras dengan semangat pengusaha real estate Indonesia.

 

Pada kesempatan berbeda, komentar lain juga diungkapkan oleh pelaku bisnis properti. “Terpilihnya Djan Faridz sebagai Menpera, harapan saya, beliau dapat bekerja layaknya developer,” ujar Juan Panca, General Manager PT Fajar Surya Perkasa.

 

“Dapat bermitra baik dengan para developer dalam mengembangkan industri properti di Indonesia. Ketika mendapatkan kesulitan, hambatan dan keluhan yang dirasakan pengusaha, kiranya dapat dimengerti oleh Menpera yang baru,”uraikan Juan.

 

Dengan demikian, cita-cita pembangunan negara dapat tercapai. Sebagai pengusaha properti, Juan Panca juga berkeyakinan besar program Pemerintah sebelumnya akan dilanjutkan. “Sisi baiknya dapat diteruskan, yang menjadi hambatan bisa diselesaikan,” tegaskan Juan.

 

“Kiranya dalam rakernas REI nanti, Djan Faridz dapat memberikan wacana-wacana positif yang akan dapat dilakukan oleh pengusaha properti lainnya. Sekaligus bersinergi dengan baik antara swasta dan pemerintah,” imbuhkan Juan panca. “Saya yakin, dengan terintegrasinya ini, hasilnya akan lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat luas di Indonesia,”tambahkannya.

 

Ali Tranghada, Direktur Indonesia Property Watch mengatakan, “Bergantinya Menteri Perumahan Rakyat yang baru ini, saya berharap dapat merubah iklim bisnis properti di Indonesia.”

 

“Sebagai orang yang telah lama terjun di Bisnis Properti, harusnya kinerja beliau tidak perlu diragukan lagi. Karena beliau sudah berpengalaman sebagai developer,” tambahnya melengkapi.

 

“Agar rancangan serta program-program yang dibentuk mudah diterima oleh pebisnis properti. Pemerintah jangan hanya mengandalkan teori. Buatkan rancangan yang matang untuk diaplikasikan dengan baik,” ujar Ali.

 

“Selain dapat memahami keinginan pasar properti, beliau juga harus senantiasa berdiri bersejajar dengan pengusaha properti swasta, jika ingin programnya berhasil. Lalu bagaimana caranya, rangkul mereka (developer) untuk berdiskusi mencari solusi memajukan properti Indonesia,” paparkan Ali  

 

Dedy Mulyadi, foto : Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me