Mengasah Kemampuan Proses Penjualan Secara Profesional

Big Banner

Guna meningkatkan profesionalisme anggotanya. Training motivasi menjadi kunci keberhasilan, untuk menciptakan hasil akhir yang baik

 

Bertempat di Jakarta Design Center pada tanggal 28 September 2011. Asosiasi Broker Real Estate Indonesia (AREBI) menggelar event tahunan, bertema Increasing Your Closing Skill. Training motivasi ini sendiri ditujukan kepada para anggota broker property. Sebagai sponsor utama acara tersebut, asosiasi ini menggandeng Rumah123.com, situs property terbesar di Indonesia.

 

Dihadiri kurang lebih 300 perserta yang pada umumnya broker. Untuk pembicaranya, AREBI menunjuk Yudhi Ismayadi selaku motivator dari National Development Program Director at John Robert Powers. Dalam materinya, Yudhi banyak memberikan trik bagaimana mensiasati proses penjualan hingga mendapatkan hasil yang baik. Ia juga menjelaskan berbagai solusi dalam hal pengambil keputusan bagi seorang marketing.

 

Menurut Yudhi, “Marketing merupakan tonggak paling depan yang sekaligus tolak ukur keberhasilan dari setiap perusahaan. Oleh karena itu, mereka butuh bentuk motivasi yang mendorong mereka mendapatkan hasil akhirnya yang baik yaitu proses closingnya.” “Bentuknya dapat berupa pelatihan seperti ini, karena point didalamnya terdapat bagaimana mengasah kemampuan seorang broker untuk dapat meningkatkan nilai penjualan yang bagus dan berlangsung lama,”ucapnya.

 

Beliau juga menjelaskan, ”Ada proses penjualan yang bagus tapi tidak berlangsung lama, ada pula dengan proses yang cepat tapi juga tidak berlangsung lama. Untuk itu, saya coba bentuk ini menjadi sebuah latihan yang harus dilakukan. Agar setiap marketing dapat mencapai penjualan yang maksimal.”

 

“Saya ingin, mereka punya komitmen dan konsisten. Kalau itu sudah terbentuk, baru mulai perbanyak latihan closing yang lebih sering. Banyak dari kita yang mempunyai prilaku takut gagal. Itu juga yang kita hindari,”tegaskan Yudhi. “Caranya lakukan saja dulu, perbanyak mencoba dengan melakukan teknik penjualan yang dimiliki. Dengan demikian, kita bisa melihat apa kekurangannya dan coba memperbaikinya,”memberikan arahan.

 

Setiap broker memiliki latarbelakang dan karakter berbeda. Karakter tersebut sebetulnya dapat terbentuk oleh setiap broker yang mempunyai karakter positif. Begitu pula jika seorang tersebut memiliki pembawaan sopan, parasnya menarik dan ramah. Maka yang point plus sebagai marketing yang baik akan ternilai bukan hanya untuk dirinya, tapi juga untuk perusahaan tempat dia bekerja.

 

Dengan prilaku yang baik diharapkan menjadi sebuah nilai jual lebih. Oleh karena itu, proses closing pun akan dihasilkan dengan sendirinya oleh pembawaan prilaku marketing terhadap konsumennya. “Kunci utama keberhasilan dalam hal penjualan adalah perbanyak melakukan proses jual dan jangan di tunda. Apapun yang dapat anda lakukan, lakukanlah jangan takut salah. Karena itu sebuah proses keberhasilan,”sarankan Yudhi.

 

Upaya untuk meningkatkan penjualan, AREBI juga mempunyai proses pembentukan kepada anggotanya. Mereka berkewajiban mengikuti pelatihan sertifikasi. Sebagai pembekalannya, dapat berupa training motivasi seperti ini. Dengan harapan, mereka mendapatkan ilmu lebih dan bukan hanya sekedar teorinya saja.

 

Lukas Bong, Ketua DPD AREBI Jakarta mengatakan, ”Training motivasi ini penting bagi broker properti. Karena di dalam pelatihan sertifikasi mereka tidak mendapatkan materi seperti ini. Karena pelatihan sertifikasi arahnya lebih ke aturan main dan teori kependidikan dasar. Untuk pembekalannya, kami undang pembicara sebagai motivator mereka,”

 

“Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan profesionalisme dari masing-masing anggota AREBI. Kita juga ingin mereka tampil profesional dan percaya diri. Tentu dibekali dengan kemampuan pengetahuan dan attitude yang baik,”tegasnya. “Kedepannya kami ingin menjaring anggota broker yang lebih banyak lagi. Termasuk mereka yang belum tergabung ke dalam asosiasi ini. Selanjutnya mungkin kami ingin melakukan training motivasi ini dalam dua kali setahun,”ungkap Lukas.

 

Program AREBI lainnya, dalam waktu dekat akan melaksanakan musyawarah daerah yang akan memilih ketua barunya. “Melihat perkembangan bisnis properti di Indonesia yang luar biasa. Saya pribadi melihat bisnis broker cukup bagus. Masadepannya makin terlihat jelas, untuk itu sayang jika moment tersebut tidak di imbangi dengan profesionalisme brokernya,”urai Lukas memberi gambaran. “Bergabunglah dengan wadah asosiasi ini, sehingga apapun aturan main dan networking dapat kita jalankan bersama-sama. Karena ini adalah satunya asosiasi resmi yang di akui. pemerintah,”paparnya mengakhiri.

 

Dedy Mulyadi, foto Dedy Mulyadi

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me