Kemenpera Berikan Penghargaan Adiupaya Puritama

Big Banner

Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memberikan penghargaan Adiupaya Puritama kepada sejumlah pemerintah daerah (pemda) yang berhasil mendorong serta meningkatkan program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman didaerahnya masing-masing. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Manoarfa kepada sejumlah kepala daerah serta mitra kerja Kemenpera pada kegiatan memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2011 yang bertemakan “Dengan Sinergi Pusat, Daerah dan Mitra, Kita Wujudkan Rumah Murah Untuk Rakyat,” di Hotel Bidakara, Jakarta.

 

Tujuan pemberian penghargaan Adiupaya Puritama ini adalah untuk mendorong dan meningkatkan perhatian serta kinerja dalam penyelenggaraan perumahan dan permukiman didaerahnya, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pemda tersebut berhasil lolos sertivikasi lapangan serta penilaian administrasi yang dilakukan oleh tim juri. Pemberian penghargaan Adiupaya Puritama diberian oleh Kemenpera sejak 2008 lalu dan menjadi agenda tetap tahunan dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang jatuh setiap tanggal 25 Agustus.

 

Dalam pemberian penghargaan ini, Kemenpera bekerjasama dengan beberapa instansi terkait lainnya melaksanakan penilaian kegiatan serta peninjauan lapangan ke sejumlah pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota yang dianggap berhasil dalam menyelenggarakan pengembangan, pembangunan perumahan dan permukiman di wilayah daerahnya. Tim pemberian penghargaan Adiupaya Puritama bidang penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman kepada pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota. Tim terdiri dari tim pengarah, juri, verifikasi pusat, tim daerah dan secretariat.

 

Anggota tim merupakan perwakilan dari Kementrian perumahan rakyat, Bappenas, Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Dalam Negeri, Perum Perumnas, Asosiasi Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Perumahan Seluruh Indonesia (APERSI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Masyarakat Peduli Perumahan dan Permukiman Indonesia (MP3I), Housing Urban Development (HUD), serta Universitas Indonesia. Beberapa kriteria yang dinilai adalah rencana strategis daerah, penilai oleh Asosiasi, realisasi pengembangan perumahan, kelembagaan pengembangan perumahan, pembiayaan pengembangan perumahan, pemberdayaan atau kemitraan masyarakat dan pengembang lingkungan, terobosan serta inovasi. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat lebih mendorong dan memotivasi pemerintah kota dan kabupaten untuk senantiasa meingkatkan upaya penyelenggaraan perumahan dan permukiman didaerahnya.

 

Dedy Mulyadi

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me