Pasar Apartemen di Surabaya Prospektif

Big Banner

Apartemen mulai menjadi pilihan terbaik saat ini, selain nyaman dan aman. Hunian jangkung juga memanjakan penghuninya lewat fasilitas yang ada

 

Kebutuhan ketersediaan fasilitas hunian di kota Surabaya semakin hari kian meningkat. Keterbatasan penyediaan lahan untuk di kawasan pusat bisnis menyebabkan konsep hunian bertingkat atau apartemen menjadi tren kebutuhan masyarakat. Penyebab lainnya adalah semakin parahnya masalah kemacetan lalu lintas di kota Surabaya.

 

Sinarto Dharmawan wakil presiden direktur sekaligus chief opeating officer PT Intiland Development Tbk (Intiland) menilai kemacetan sudah menjadi salah satu persoalan serius di Surabaya. Bertambahnya jumlah kendaraan dan tingginya tingkat mobilitas masyarakat menjadi salah satu faktor dominan.

 

Menurutnya, persoalan ini menyebabkan kebutuhan masyarakat untuk tinggal di kawasan pusat bisnis atau perkotaan mengalami peningkatan. Kelompok masyarakat dengan tingkat mobilitas tinggi cenderung membutuhkan hunian yang mudah terjangkau, praktis, namun tetap mengutamakan aspek keamanan dan kenyamanan.

 

“Tinggal di apartemen mulai menjadi pilihan terbaik, khususnya bagi kelompok masyarakat yang ingin tinggal di pusat kota dengan kemudahan fasilitas dan kenyamanan seperti layaknya tinggal di perumahan. Kondisi ini akan kian menggejala dan menjadi tren kebutuhan publik terhadap fasilitas tempat tinggal,” ujar Sinarto.

 

Menjawab tren inilah, menurutnya, Intiland menyiapkan sebuah proyek apartemen baru di bilangan pusat bisnis utama di Surabaya. Hunian vertikal yang diberi nama Apartemen Sumatra 36 ini berada di jalan Sumatra, yakni salah satu kawasan hunian elit di kota Surabaya dari jaman dulu.

 

“Jalan yang dahulu bernama Sumatrastraat ini merupakan hunian bagi crème de la crème di masa kolonial, sehingga menjadi legenda dan merupakan simbol gengsi warga Surabaya dari dulu hingga kini,” ujarnya.

 

Menempati lahan seluas 2.358 meter persegi, bangunan apartemen megah setinggi 12 lantai ini akan dibangun secara eksklusif dan terbatas, hanya menyediakan 63 unit. Ada empat tipe berbeda yang ditawarkan, mulai dari 94 meter persegi (m2) untuk satu kamar tidur, 131 m2 untuk dua kamar tidur, dan 147 m2 untuk tiga kamar tidur, hingga unit penthouse.

 

Apartemen Sumatera 36 mengalokasikan 60% dari total lahan untuk area lanskap penghijauan sehingga memberikan kesan rindang dan asri. Apartemen ini didesain dan diperuntukan seluruhnya untuk fungsi hunian, sehingga cocok bagi mereka yang mendambakan tinggal di lingkungan asri dengan jaminan keamanan, kenyamanan, dan privasi. Konsep ini memiliki perbedaan faktor kenyamanan apabila dibandingkan dengan tipikal apartemen yang penataan fungsinya tidak murni untuk tempat tinggal.

 

Sinarto menjelaskan bahwa apartemen Sumatra 36 merupakan proyek apartemen pertama di kawasan pemukiman elit di pusat kota Surabaya. Lokasi yang sangat strategis di tengah kawasan bisnis, merupakan salah satu keunggulan utama yang dimiliki apartemen ini.

 

Kawasan jalan Sumatra dikelilingi beragam fasilitas pendukung, seperti pusat perbelanjaan, pusat hiburan keluarga, rumah makan berkelas, hotel berbintang, hingga area perkantoran. Semua fasilitas ini relatif mudah dijangkau dalam hitungan menit, sehingga menjawab tuntutan gaya hidup masyarakat urban.

 

“Pada masyarakat yang kian maju, waktu adalah kemewahan. Waktu menjadi faktor yang lebih berharga ketimbang uang, sebab jika hilang tidak pernah dapat kembali. Apartemen ini diperuntukan bagi orang-orang yang praktis dan menghargai waktu karena lokasinya yang sangat strategis,” tuturnya lebih lanjut.

 

Untuk mengembangkan desain apartemen ini, Intiland menggandeng Chan Sau Yan Associates (CSYA) Studio Pte Ltd, sebuah perusahaan desain dan arsitektur terkemuka di Singapura. Konsep bangunannya mengutamakan segi kualitas dan menyelaraskanya dengan desain bangunan-bangunan yang terdapat di kawasan tersebut.

 

“Pembangunan apartemen Sumatra 36 menjadi wujud komitmen Intiland sebagai trendsetter dengan menghadirkan karya-karya terbaik,” ujar Sinarto.

Penempatan fasilitas kolam renang di lantai atas, contohnya, bertujuan untuk menjaga privasi bagi para penghuninya. Mereka mendapatkan pemandangan perkotaan yang menakjubkan sembari bersantai di kolam renang.

 

Fasilitas lainnya yang tersedia adalah taman bermain untuk anak-anak, jogging track, ruang serbaguna, fasiltas untuk gym dan aerobik, serta ruang publik untuk aktivitas kesehatan bagi para penghuninya.

 

Keunggulan lainnya adalah dari sisi penerapan kemajuan teknologi, seperti yakni jaringan wifi di berbagai area public maupun aplikasi triple play, yakni penggunaan voice, video, dan internet dalam satu jaringan serat optik pita lebar. Para penghuni apartemen, nantinya juga bisa menikmati kualitas High Definition (HD) TV.

 

Apartemen Sumatra 36 dilengkapi pula dengan infrastruktur sistem keamanan yang canggih dan terpadu. Selain menerapkan sistem keamanan 24 jam dan fasilitas close circuit television (CCTV) untuk pengawasan, apartemen ini juga menyediakan kartu akses pribadi untuk penggunaan lift bagi para penghuni.

 

Dedy Mulyadi, foto istimewa

rumah123.com