Jakarta Garden City Raih Green Mark Gold Award

Big Banner

Jakarta Garden City belum lama ini memperoleh penghargaan Green Mark Gold award yang diberikan Building and Construction Authority / Badan Pengawas Bangunan dan Konstruksi (BCA) dari Singapura. Perumahan milik salah satu developer ternama di Asia, Keppel Land, ini merupakan perumahan pertama di Indonesia yang memperoleh penghargaan bergengsi tersebut.

 

BCA Green Award program diluncurkan Januari 2005 untuk mempromosikan kesinambungan di sekitar lingkungan yang dikembangkan. Sistem penilaian green building sengaja dikembangkan untuk daerah tropis, dimana bangunan dinilai berdasarkan dampak terhadap lingkungan dan dampak positif penghematan efisiensi air dan energi, perlindungan lingkungan, kualitas dalam ruang, sekaligus green features dan inovasi.

 

Jakarta Garden City adalah kota mandiri terintegrasi yang mengusung konsep green lifestyle dan dirancang sebagai tempat tinggal-bekerja-berekreasi dan belajar. Dibangun di atas lahan seluas 270ha di Jakarta Timur, Jakarta Garden City akan memiliki 7.000 unit rumah dan apartemen lengkap dengan shopping mall, ruko, pusat hiburan, perkantoran, sekolah bertaraf nasional dan internasional, rumah sakit, pasar modern, dan fasilitas yang lain. Sebelumnya, Jakarta Garden City juga memenangkan penghargaan dari Federasi Real Estate Internasional / FIABCI Indonesia untuk kategori Perumahan Menengah Terbaik di Indonesia 2010, Juara Kedua untuk Perumahan Terbaik di Dunia dari Federasi Real Estate Internasional / FIABCI Prix d’Excellence Awards 2011.

 

 

Penghematan Rp1,87 Miliar Per Tahun


Dengan penerapan green technology, diharapkan dapat menghemat masing-masing 43% penggunaan energi dan 14% penggunaan air di Jakarta Garden City. Hal ini akan berdampak pada penghematan biaya yang signifikan, yakni Rp1,87 miliar per tahun. Menurut Lim Seng Bin, President Director Jakarta Garden City, maraknya isu-isu lingkungan belakangan ini membuat rakyat Indonesia jadi lebih peduli dan mencari rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi. “Kami yakin Jakarta Garden City akan memenuhi kebutuhan pembeli rumah yang mencari perumahan yang bersih, hijau dan lingkungan yang asri,” kata Lim.

 

Di sisi lain, Tan Tian Chong, Direktur Pengembangan Teknologi BCA, menyatakan senang program BCA Green Mark bisa cepat diterapkan pada proyek properti di luar Singapura dan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengembangan yang berkesinambungan, di lokasi proyek tersebut di kembangkan. “Kami berharap, penghargaan BCA Green Mark Gold Award ini akan meningkatkan minat masyarakat terhadap pengembangan perumahan yang berkesinambungan dimasa depan,” ujar Tan.

 

Setiap rumah di Jakarta Garden City memiliki fitur-fitur yang ramah lingkungan seperti sistem filterisasi, keran hemat air serta penggunaan air hujan untuk penyiraman taman. Setiap rumah juga memiliki ventilasi dan penerangan yang baik untuk mengurangi penggunaan AC dan lampu untuk penerangan di siang hari.

 

 

Mendukung Program Pemda


Sejalan dengan komitmen untuk menghijaukan lingkungan, Jakarta Garden City mendukung program pemerintah dalam menghijaukan Indonesia dengan menanam 1 miliar pohon. Untuk menyukseskan program ini, Jakarta Garden City mengalokasikan lahan seluas 5.000m2 untuk dijadikan hutan kota mini atau area penghijauan yang dapat dinikmati oleh masyarakat Jakarta Garden City serta Jakarta Timur pada umumnya.

 

“Seiring dengan perkembangan Indonesia, sangat penting bagi kita untuk menyediakan lingkungan yang hijau dan bersih untuk generasi mendatang. Penanaman satu miliar pohon di Jakarta Timur menunjukkan komitmen nyata pemerintah untuk menciptakan komunitas yang berkesinambungan,” papar Walikota Jakarta Timur, Drs. H. Murdhani, MH saat acara pencanangan Hutan Kota Mini Jakarta Garden City.

 

“Jakarta Garden City adalah perumahan pertama di Indonesia yang menerima penghargaan bergengsi Green Mark Award dari BCA Singapura. Ini  yang menjadikan lokasi Jakarta Garden City cocok untuk mendukung program ini dan saya yakin kerja sama ini akan terus berlanjut di masa mendatang.”

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me