Arie Soedewo, Principal Ray White East Kemang: Dari Side Job Jadi Hobi Hingga Fokus.

Big Banner

Siapa sangka, pengalamannya selama 10 tahun di dunia perbankan membawanya kepada bisnis properti. Dari sekedar side job, akhirnya ia pun menekuninya sebagai hobi yang berujung jadi salah satu fokus bisnis.

Arie Soedewo, memulai karirnya di multinasional perbankan dilingkup area Asset & Wealth Management yang berkantor di Jakarta, Singapura, Hongkong dan Australia. Tugasnya adalah menangani aset-aset dan kekayaan yang dimiliki oleh para korporasi klien. Tak jarang pula orang-orang yang menjadi kliennya menitipkan properti pribadi mereka padanya untuk dipasarkan. Dari situ lah ia mulai mengenal bisnis properti dan seluk beluknya.

Setelah 10 tahun berkecimpung disana, pada tahun 2007 ia pun memutuskan untuk membeli franchise sebagai agen real estate. “Keberhasilan dalam memasarkan properti di dalam dan luar negeri membuat saya semakin yakin untuk membeli franchise sebagai agen properti,” ujar Arie Soedewo, Principal Ray White East Kemang. Hal lain yang membuatnya tertarik untuk membeli franchise adalah karena peraturan pemerintah yang mengharuskan para pebisnis untuk bernaung dibawah satu badan hukum yang khusus. Kantor broker property wajib memiliki standar & lisensi yang menunjang untuk bisa beroperasi.

Setelah mencari-cari informasi dan melakukan survei yang mendalam mengenai franchise apa yang kira-kira layak dan memiliki opportunity bisnis yang baik, pilihan yang positif jatuh pada Ray White. Hal itu dilihat dari pelayanannya, brand awareness, dan perlindungannya.

Melihat situasi ekonomi yang sedang cenderung tidak stabil pada tahun 2007, akhirnya ia mengurungkan niatnya untuk membeli franchise pada saat itu. Baru dua tahun kemudian ia membeli franchise Ray White dan membukannya di wilayah Kemang. “Sebenarnya saya ingin membeli franchise ini pada tahun 2007, namun melihat suasana pasar properti yang kurang kondusif, akhirnya saya mengurungkan niat membuka saat itu. Baru pada bulan Oktober 2009 baru saya membuka Ray White East Kemang ini,” ujar lulusan Postgraduate Studies dari Sydney University ini.

Lokasi Ray White East Kemang ini lumayan strategis, berada di persimpangan jalan kawasan elit. Istilahnya, ada tiga jalan yang melihat kantor properti ini. Identifikasi di depan lumayan eye catching, kalau siang kelihatan, dan kalau malam terang benderang. Pada awal dibukanya, agen properti ini hanya didukung oleh tujuh orang marketing. Saat ini angka itu terus bertambah, hingga memiliki 22 orang tenaga marketing.

Selain sisi positif dari lokasi Ray White East Kemang ini, ada pula sisi negatifnya. Khusus di daerah kemang, biaya rentalnya cukup tinggi. Oleh karena itu, harus memiliki businness plan yang sangat baik. Melihat dari sisi biaya dan komitmen yang harus dijalankan, maka Ray White East Kemang memiliki target untuk mendapatkan marketing yang aktif dan produktif untuk tahun ini hingga 50 tenaga marketing.

Untuk mendapatkan tenaga-tenaga marketing yang profesional, Ray White East Kemang tidak segan-segan mengeluarkan biaya untuk proses seleksi dan pelatihan. Arie menjelaskan bahwa kantor ini menseleksi para calon marketing dengan menggunakan tes bakat dan potensi, bila mereka memiliki bakat dan potensi ini, baru mereka bisa direkrut dengan tetap menggunakan standar dari Ray White Indonesia. Untuk tesnya, kami menggunakan produk luar negeri, sehingga nilai profesionalnya tinggi.

Agen properti ini mengusung motto Prudent Aggression, yaitu berhati-hati dan konstruktif untuk selalu agresif mencari peluang. Mereka selalu mengedepankan pelayanan dan jaminan. Menjalin komunikasi yang baik dengan vendor, dan memberikan laporan yang professional kepada para klien.

Tak ada kata menyerah untuk selalu menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memasarkan properti. Hal ini dibuktikan dengan interior kantor Ray White East Kemang yang jauh berbeda dari kantor-kantor broker lainnya. Suasana yang cozy diciptakan demi kenyamanan para klien yang datang berkunjung.

Di akhir pembicaraaan beliau mengomentari tentang situs rumah123.com., menurutnya situs ini memberikan andil besar bagi pemasaran properti yang mereka  pasarkan. Kontribusi yang sangat baik juga diberikan situs ini bagi transaksi properti di kantornya.“rumah123.com” cukup memberikan andil besar, memberikan kontribusi yang mencapai 30% untuk membantu proses pemasaran dan kontribusinya hingga terjadi transaksi,” ujar pria yang sarat dengan pengalaman di bidang perbankan ini. (REIZA)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me