PENGAMAT : Ekonomi Harus Tumbuh di Atas 5%

Big Banner

Jakarta-123 News: Membaiknya perekonomian global yang ditandai dengan bergairahnya sector riil maupun moneter ternyata tak serta merta mampu meningkatkan daya beli masyarakat. “Kendati suku bunga BI Rate  yang berimbas pada penurunan bunga KPR. Nyatanya, rakyat masih berat untuk mengangsur. Jadi agar masyarakat mampu, maka ekonomi harus tumbuh di atas 5 %,” ungkap Ir. Irwan Nurhadi SE, MM, MBA, Pengajar Jurusan Real Estate Universitas Tarumanegara belum lama ini.

Tak heran beberapa pengembang bersikap menunggu hingga kondisi ekonomi pulih kembali. Irwan memperkirakan pada 2010 pertumbuhan ekonomi mulai membaik dan pada 2011 diharapkan segera pulih. “Tolok ukurnya tentu saja Amerika. Sampai sekarang banyak bank-bank di Amerika yang ditutup oleh pemerintahnya,” papar Irwan.

Selain itu, Irwan juga melihat bank tak mau menanggung risiko. “Bank lebih suka melayani debitur dari kalangan menengah atas, karena dianggap lebih aman.” Padahal pasar menengah bawah juga cukup baik ke depannya. Sebagai contoh, Irwan menunjuk rusunami. “Harga rusunami sekarang berkisar antara Rp4,5 juta per m2, sebentar lagi saya prediksi bakal naik jadi Rp6 juta per m2.” Bayangkan berapa persen kenaikannya di masa datang.

Apa penyebabnya? Irwan pun membeberkan. “Dari 1000 tower yang direncanakan bakal dibangun, jumlah unitnya bakal dibatasi. Disesuaikan dengan aturan yang baru. Otomatis pasokan pun makin sedikit sementara demandnya terus meningkat.” SATRIA WICAKSONO/Foto : ISTIMEWA

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me