Posisi Penyewa Rumah di Inggris Melemah

Big Banner

JAKARTA—123 News: Posisi tawar-menawar penyewa rumah di Inggris Raya belakangan ini melemah. Itu karena ada tren bahwa pemilik rumah yang bakal pindah domisili lebih senang menjual rumahnya di pasar yang kini lebih stabil ketimbang mendiamkan ataupun menyewakan rumah tersebut. Seiring itu, di Juli tahun ini, tren penurunan harga sewa rumah mulai melambat. Semua hal itu dijelaskan oleh survei yang digelar The Royal Institution of Chartered Surveyors (RICS) sebagaimana ditulis situs internet www.bbc.co.uk,  Selasa, (8/9).

Survei itu menjelaskan lagi, tren tersebut menyebabkan penyewa rumah kehilangan kekuatan saat tawar-menawar harga sewa. Kata Ekonom Kepala  The Royal Institution of Chartered Surveyors, Simon Rubinsohn, “Walau begitu, posisi tawar-menawar harga dari para penyewa rumah relatif masih lebih baik ketimbang dua tahun silam.”

Lebih jauh, survei RICS menjelaskan bahwa tren penurunan harga sewa rumah juga ditunjukkan dalam survei yang mereka gelar tiga bulan sebelum ini. RICS pun memprediksi bahwa harga sewa rumah diperkirakan terus turun tiga bulan ke depan sejak Juli 2009.

Chris Norris dari The National Landlords Association mengatakan, hal tersebut membuat para pemilik rumah memunyai lebih banyak pilihan. “Mereka yang tak benar-benar ingin menelantarkan rumah kini punya pilihan untuk menjualnya. Dan tak menyewakan rumah tersebut,” kata Norris.

Di Inggris Raya, saat harga rumah terkoreksi tajam, muncullah tren adanya pemilik rumah yang lebih memilih mengosongkan rumah ketimbang  menjual (reluctant landlords). 

Lebih dari 18 bulan yang lalu, penyewa rumah masih diuntungkan oleh proses koreksi tajam harga rumah. Sebab, para pemilik rumah banyak yang memilih menyewakan rumahnya ketimbang menjual dengan harga murah—otomatis, harga sewa yang ditawarkan lebih murah. Kata Norris, saat itu para penyewa menawar sambil meminta kualitas yang lebih baik demi menekan harga sewa.   DHIT/FOTO: ISTIMEWA

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me