Pasokan Lahan Industri Tak Bertambah

Big Banner

JAKARTA—123 News: Total pasokan lahan kawasan industri di Jakarta dan sekitar per Agustus 2009 tetap di angka 8.622 hektare. Itu tersebar di sejumlah wilayah: Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Karawang, dan Serang. Penyebab ketiadaan tambahan pasokan: pengelola kawasan industri skala besar kini tak mengutamakan ekspansi, namun lebih konsentrasi memelihara infrastruktur untuk para penyewa. Market Overview August 2009 keluaran Colliers International Indonesia menjelaskan hal-hal tersebut.

Dijelaskan lagi, sampai Agustus tahun ini, para pengelola tersebut menunda ekspansi, dan baru melakukan hal itu di tahun 2010. Kecenderungan ini kian terlihat jelas di kawasan industri yang memunyai banyak land bank.

Sepanjang kuartal kedua tahun 2009, total penjualan lahan kawasan industri hanya 44% dibandingkan jumlah di kuartal pertama. Walau demikian, total penjualan di kuartal pertama dan kedua tahun 2009 telah mencapai 54% dari total penjualan  sepanjang tahun 2008.

Market Overview itu menjelaskan pula, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa penjualan lahan kawasan industri di tahun 2009 menunjukkan tren menurun. Itu terkait dengan sikap kalangan bisnis untuk wait and see terkait dua hal: resesi ekonomi global dan Pemilihan Umum yang berlangsung tahun ini.

Usai Pemilihan Umum yang berjalan lancar dan hadirnya  tingkat kepercayaan investasi yang stabil, pasar kawasan industri berkemungkinan tumbuh di waktu-waktu yang tersisa di tahun ini. Juga, pertumbuhan di tahun 2010 berkemungkinan membaik.

Terlepas dari itu, masih menurut Market Overview tersebut, pertumbuhan pasar kawasan industri masih bakal bersua dengan problem klasik berikut: kekurangan pasokan listrik dari PLN. 

Lantas, kini sejumlah perusahaan asal Tiongkok  memindahkan pabrik ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan sejumlah pertimbangan: upah tenaga kerja yang lebih rendah dan regulasi yang lebih mudah. Sudah tentu, hal ini menjadi pendorong bagi pertumbuhan pasar kawasan industri di Indonesia.  DHIT/FOTO: ISTIMEWA

rumah123.com