GIANYAR MASIH POTENSIAL: Buat Investasi Pariwisata

Big Banner

BALI -123 News: Kabupaten Gianyar, Bali yang terkenal dengan daerah Ubud dan Sukawati memiliki potensi untuk investasi di sektor properti, hotel, vila maupun perumahan. Untuk hotel dan vila masih dibutuhkan di wilayah Gianyar khususnya Gianyar timur, antara lain kecamatan Gianyar, Blahbatuh, dan Sukawati.

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace, mengatakan, Pemkab Gianyar masih sangat mengharapkan investasi wisata bisa berkembang di wilayahnya. Sebab, khususnya di Gianyar timur, investasi ini masih sangat potensial. Selain karena potensi wisata yang ada, kehadiran investor di wilayah ini akan memberi keseimbangan perkembangan pariwisata Gianyar barat yang berpusat di Ubud dengan  wilayah Kecamatan Gianyar dan sekitarnya.

Sementara untuk pariwisata Bali, Cok Ace yang juga Ketua DPD PHRI Bali ini mengharapkan adanya perkembangan investasi pariwisata di Bali di daerah diluar Badung dan Denpasar.  Dengan itu, pemerataan pariwisata di Bali bisa terwujud.
Menurutnya, selama ini pariwisata Bali terkesan hanya ada di Kuta, Nusa Dua, dan Ubud sehingga ada  ketimpangan perkembangan pariwisata di Bali.

Dijelaskan Cok Ace, investasi hotel dan vila saat ini harus spesifik.. Antara lain, fasilitas lengkap tetapi dibatasi jumlah kamar sehingga tidak terkesan menjenuhkan.

Ketika disinggung adanya tudingan seputar operasional pariwisata khususnya hotel yang telah merusak ekologi di Bali, Cok Ace mengakui ada benarnya tetapi hal itu tak bisa digeneralisasikan.

Menurut Ketua DPD PHRI Bali ini, ada kemungkinan pengelola hotel yang nakal dengan tidak menghiraukan pelestarian lingkungan. Namun, adalah tidak bijak bila  hal itu dijadikan alasan bagi pemerintah di Bali untuk menghentikan izin pendirian hotel atau vila.

“Yang perlu dan harus dilakukan pemerintah adalah pengendalian, antara lain pengendalian penggunaan ABT (air bawah tanah) oleh hotel, bukan malah menghentikan investasi,” tegasnya.

Selain investasi hotel yang tidak banyak kamar, investor juga diharapkan memanfaatkan tanah atau lahan yang sudah tidak produktif. (NANO BETHAN/Foto: Istimewa)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me