Tingkat BI Rate Bisa Mendorong Pasar Properti 2009

Big Banner

JAKARTA—123 News: Tingkat BI Rate yang kini menurun ke 7,5% bisa menstimulus permintaan di pasar properti. Itu terutama untuk perumahan dan kondominium. Selain itu, Pemilihan Umum anggota legislatif yang berjalan lancar bisa menimbulkan optimisme pembeli end user ataupun investor. Associate Director PT Procon Indah, Utami Prastiana,  mengatakan hal tersebut di Jakarta hari ini.

Ia menambahkan, paket stimulus fiskal keluaran Pemerintah RI juga bisa diharapkan membantu daya beli konsumen. “Kemudian, nilai tukar Rupiah yang kini stabil dan tingkat inflasi yang rendah diharapkan terus menurunkan tingkat bunga kredit bank,” ia berkata. 

Namun di sisi lain, bisa saja ekonomi global memburuk dan  direspons pesimis oleh pengembang walau bunga kredit menurun. Beberapa proyek yang direncanakan berkemungkinan mundur akibat penarikan dana oleh mitra karena, pertama,  pertimbangan finansial. Kedua, akibat ketatnya kebijakan moneter oleh perbankan. “Alhasil, sebagian pengembang mungkin hanya melanjutkan penjualan proyek yang sudah berjalan. Bukan menjual produk baru,” Utami mengatakan. ADHITO/FOTO: REIZA

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me