Kawasan Cibubur : Enggan Kena Banjir, Beranjaklah ke Cibubur

Big Banner

Pasokan rumah sekunder primer di Cibubur melimpah ruah sementara rumah primer masih berdatangan. Per tahun, harga rumah sekunder itu naik 5%-10%.

Lega karena tak terjamah banjir besar. Mungkin begitulah perasaan satu keluarga yang pindah bermukim ke Cibubur, Jakarta Timur—sebagian kawasan ini juga ada yang termasuk Depok dan Bekasi.  Maklum, sejauh ini, Cibubur memang tak bersentuhan dengan banjir besar yang  kian rajin bertandang ke Jakarta dan kawasan sekitar. Tak ayal, mereka yang ingin luput dari banjir banyak mencari rumah di Cibubur.

Hal itu dibenarkan oleh D. Budi Raharjo, principal LJ Hooker Cibubur—sebuah kantor agen properti. “Saya sendiri di tahun 1996 pindah dari Kelapa Gading ke Cibubur karena menghindari banjir besar,” ucap Budi sembari tersenyum ringan.

Yang Rp300 Juta Paling Laris
Boleh dikatakan, Cibubur merupakan kawasan idaman bagi pengembang properti. Lihat, sampai kini, sejumlah pengembang besar masih rajin mengembangkan lahan yang mereka punya. Sekadar contoh, Grup Sinar Mas terus mengembangkan perumahan Kota Wisata. Sementara, Grup Ciputra terus mengembangkan perumahan Citra Gran. Alhasil, pasokan rumah primer di Cibubur melimpah ruah, memudahkan mereka yang ingin tinggal di Cibubur.

Pasokan rumah sekunder di Cibubur pun berlimpah. Harga yang tersedia pun bervariasi, berkisar ratusan juta Rupiah sampai miliaran Rupiah. Budi Raharjo bercerita banyak perihal itu.

Begini, kata dia, rumah sekunder berharga sekitar Rp300 juta bisa dengan mudah ditemui di sana. Hampir semua lokasi di Cibubur menyediakan rumah sekunder dengan  harga tersebut. Di perumahan Bukit Rafflesia, rumah sekunder tersebut banyak ditemui. Demikian pula di perumahan Bukit Permai Cibubur–perumahan  yang banyak dihuni tokoh publik. “Luas rumah sekunder Rp300 jutaan itu berkisar 112 m2 untuk kaveling dan 90 m2 untuk bangunan,” Budi menjelaskan.

Di Cibubur, rumah sekunder seharga itulah yang jadi primadona pemburu rumah sekunder. Di LJ Hooker Cibubur, agen properti bisa memasarkan rumah itu dengan mudah bagai menjual kacang goreng. “Rumah sekunder Rp300 juta itu bisa kami golongkan barang fast moving,” Budi memberi kiasan. 

Rumah Sekunder Miliaran Rupiah
Lantas, di Cibubur, berapakah harga rumah sekunder termahal? Rumah sekunder berbanderol harga melebihi Rp3 miliar tak terdapat di semua lokasi. Pencari rumah sekunder bisa bersua rumah seharga itu di beberapa lokasi. Antara lain di perumahan Bukit Rafflesia dan Bukit Permai Cibubur.

Di dua perumahan itu, rumah sekunder berbanderol melebihi Rp3 miliar juga bisa ditemui: berharga Rp4 miliar ataupun Rp5 miliar. Dari segi lokasi, dua perumahan itu masih termasuk Jakarta Timur. Tak ayal, banderol rumah sekunder mewah di sana lebih mahal ketimbang di lokasi yang termasuk Depok ataupun Bekasi.  

Luas rumah sekunder miliaran Rupiah tersebut tak kepalang tanggung. Kaveling rumah tersebut mencapai 1.100 m2 dengan luas bangunan 500 m2. Hampir pasti bahwa rumah tersebut dilengkapi kolam renang pribadi. 

Yang lebih murah sekaligus tergolong mewah ada. Penjelasan Budi Raharjo, di perumahan Mahagony Residence, rumah sekunder berluas kaveling 240 m2 dan berluas bangunan 242 m2 dilego Rp1,4 miliar. “Itu harga untuk rumah baru yang belum pernah dipakai lantas dijual sehingga tergolong rumah sekunder,” ujar Budi. Pun, di perumahan Kota Wisata, rumah sekunder seharga Rp1,8 miliar bisa ditemukan.

Ada yang  Puluhan Juta
Nah, barangkali Anda mencari rumah sekunder yang lebih murah lagi? Jangan khawatir tak bersua. Hanya, lokasi rumah tersebut jauh dari Jalan Trans Yogi alias Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi—merupakan salah satu jalan raya utama di Cibubur. Lebih tepatnya begini: rumah sekunder seharga Rp110 juta bisa dipetik di perumahan Vila Nusa Indah 3. Inilah perumahan besutan PT Kentanix Supra Internasional yang berlokasi di persilangan kawasan Pekayon-Cibubur; letak Vila Nusa Indah 3 kurang-lebih di belakang perumahan Kota Wisata. Adapun luas rumah tersebut berkisar 90 m2 untuk tanah, dan 45 m2 untuk bangunan.

Ada Rumah Sewa Puluhan Juta
Atau, barangkali Anda berminat menyewa rumah sekunder di Cibubur?  Pilihan yang tersedia bervariasi. Di perumahan Legenda Wisata, rumah berluas kaveling 220 m2 bisa disewa dengan duit Rp80 juta untuk satu tahun. Itulah  rumah full furnish (disewakan lengkap dengan perabotan). Nah, kalau disewakan tanpa perabot, banderol sewa rumah tersebut menciut di  Rp50 juta per tahun.

Lalu, masih di Legenda Wisata, rumah sekunder berharga sewa Rp14 juta per tahun juga ada. Luas  kaveling rumah tersebut berkisar 112 m2; luas bangunan yang dimiliki berkisar 90 m2. Rumah ini disewakan tanpa perabot. 

Bakal Terus Berkembang
Buat pencari rumah sekunder yang sekaligus investor properti, kawasan Cibubur mungkin cukup menguntungkan sebagai ranah tempat membiakkan uang. Sebab, tiap tahun, harga rumah di sana naik dengan kisaran 5%-10%–seperti dijelaskan Budi Raharjo.

Alhasil, lewat membeli rumah sekunder di Cibubur, duit seseorang bertambah 5%-10% per tahun. Memang, dibandingkan di kawasan lain seperti kota mandiri Bumi Serpong Damai City, laju harga tersebut masih kalah. 

Tapi jangan lupa, perkembangan kawasan Cibubur masih bergulir. Kini, sekalipun pasar properti di Indonesia melemah, tangan pengembang terus berdetak kencang di Cibubur. Sekadar contoh, kini pengembangan awal perumahan Harvest City terus berlanjut—digawangi oleh  PT Dwikarya Langgengsukses yang merupakan sinergi Grup Suryamas, Grup Duta Putra, dan Grup Kentanix.

Infrastruktur di Cibubur pun terus bertambah. Jalan Trans Yogi kini sudah punya enam lajur, dan bakal terus dilebarkan. Pun, ke depan, Cibubur bakal dilintasi salah satu ruas jalan tol lingkar luar Jakarta. Kini, ayo berburu rumah sekunder di Cibubur!
ACHMAD ADHITO/Foto : REIZA

Sudah Antre, Barang Sulit Didapat

Kawasan Cibubur, Jakarta Timur, mungkin tak pas buat mereka yang ingin cepat  mendapatkan unit ruko (rumah toko) sekunder. Maklum, di sana, pasokan unit ruko sedikit sementara peminat banyak.

Kata D. Budi Raharjo, principal LJ Hooker Cibubur, unit ruko baru yang diluncurkan pengembang selalu terjual cepat. Pun, di LJ Hooker Cibubur, unit ruko yang ditawarkan dalam sebulan bisa dihitung dengan jari  satu tangan. Ketimpangan antara pasokan yang tak banyak dengan permintaan yang besar membuat harga unit ruko sekunder di sana cepat naik.
 
Budi lalu memberi contoh. Begini, di Kompleks Ruko Citra Gran, unit ruko berluas kaveling 67,5 m2 dan berluas bangunan 135 m2 yang menghadap jalan besar, kini berharga jual Rp900 juta. Di tahun 2002, harga unit ruko tersebut masih Rp250 juta.
Di Cibubur, harga jual tertinggi untuk unit ruko sekunder mencapai Rp1,5 miliar. Contoh untuk ini yakni unit ruko sekunder yang menghadap jalan besar dan  terletak di seberang Cibubur Times Square. Unit ruko tersebut punya 3,5 lantai; luas tiap lantai yakni  4 x 3 m2.

Adapun harga terendah unit ruko sekunder di bawah Rp500 juta. Contoh: di Kompleks Ruko Citra Gran, unit ruko sekunder yang tak menghadap jalan (berluas kaveling 67,5 m2 dan berluas bangunan 135 m2) dibanderol Rp425 juta. 
Sementara, harga sewa ruko di Cibubur berkisar Rp80 juta per tahun sampai Rp17 juta  per tahun. Unit ruko yang menghadap jalan besar berharga sewa lebih mahal. DHIT

Contoh Harga Rumah Sekunder di Cibubur
————————————————————————————-
Lokasi                          Luas Kaveling/Bangunan (m2)      Harga
————————————————————————————-
-Raffles Hills                          84/80                          Rp380 Juta
-Legenda Wisata,                 180/300                       Rp450 Juta
Zona Cleopatra           
-Citra Gran, Cypruss            120/74                         Rp450 Juta
-Taman Laguna                     730/600                       Rp2,2 Miliar
-Legenda Wisata,                  136/175                       Rp900 Juta
Colombus
-Kota Wisata,                          90/48                          Rp230 Juta 
Pesona Calgary
-Kota Wisata,                        180/100                        Rp600 Juta
Pesona Vancouver
-Raffles Hills,                         104/130                       Rp600 Juta
Stanley Rise
-Bukit Permai,                         300/260                       Rp800 Juta
Jalan Rinjani
————————————————————————————-
Sumber: LJ Hooker Cibubur

Foto :  1. Suasana Lalu Lintas di Cibubur
           2. Pasokan Rumah Sekunder di Cibubur Melimpah Ruah
           3. Fasilitas dan Infrastruktur di Cibubur Terus Bertambah
           4. Harga Sewa Unit Ruko yang Menghadap Jalan Besar Lebih Mahal

rumah123.com