Usaha Mikro Selamatkan Sulsel Dari Krisis

Big Banner

MAKASSAR-123 News: Pada saat daerah lain di Indonesia, sempoyongan dihantam badai krisis global, Sulawesi Selatan tampaknya lebih kuat karena struktur ekonomi yang dominan digerakkan usaha mikro dan kecil. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Selatan, Andi Idris Manggabarani, di Makassar, kemarin.

Manggabarani mengatakan, pesatnya pertumbuhan usaha mikro dan kecil terlihat dalam 10 bulan terakhir. “Di saat resesi global mengarah ke Indonesia, usaha mikro kecil di Sulsel malah tumbuh 300 persen,” katanya. Jenis usahanya meliputi perdagangan, lembaga keuangan mikro, pertanian, perikanan dan kelautan.

Ia menjelaskan, usaha mikro merupakan salah satu tulang punggung yang memicu pergerakan ekonomi Sulsel. Kekuatan usaha mikro dan kecil ini, karena segmennya yang tidak berhubungan langsung dengan pasar global. Sehingga usaha mikro ini tangguh dalam menghadapi badai krisis.

Di Sulsel, struktur usaha, 85 persen bergerak di sektor mikro. Sisanya, 15 persen di usaha menengah ke atas, yakni industri, perumahan, infrastruktur, ekspor dan impor. “Sektor mikro tumbuh karena pelaku usaha mikro bergerak cepat dengan menggunakan modal minimal Rp 50 juta. Sementara usaha menengah mengalami penurunan kinerja selama terjadi krisis ekonomi global karena pasarnya terganggu,” tutur mantan Ketua DPD REI Sulsel ini. (Tjat/Makassar. Foto/Tjat)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me