Limpo Ajak JICA Dukung Gerbang Emas

Big Banner

MAKASSAR-123 News: Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, meminta agar Japan International Cooperation Agency (JICA) guna mendukung gerakan pembangunan (Gerbang) ekonomi masyarakat (Emas), sebuah program pembangunan yang dicanangkan oleh pemprov. “Kami berharap program JICA mendukung Gerbang Emas yang dapat meningkatkan potensi perkebunan dan pertanian. Kami menyiapkan bujet untuk mengarahkannya ke industri meskipun skala kecil,” kata Syahrul saat menerima Kepala Kantor JICA Makassar, Nakagawa Kazuo, baru-baru ini.

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan juga oleh JICA bahwa, saat ini mereka mulai mengembangkan proyek infrastruktur di kawasan Mamminasata. Tiga kerja sama teknis menjadi program utama. JICA juga menegaskan, penghapusan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Makassar, kata dia, tidak memengaruhi bantuan dan investasi Jepang di Sulsel.

Menurut Nakagawa Kazuo, ketiganya berupa peningkatan layanan air minum, peningkatan kapasitas kelembagaan PDAM, dan pengolahan limbah padat di Mamminasata. “Itu hanya salah satu dari tujuh program utama JICA di Sulsel,” katanya.

Program lain adalah di bidang pendidikan, kesehatan, dan surveilance flu burung di mana Sulsel menjadi percontohan nasional. JICA juga melakukan kerja sama dengan Fakultas Teknik Unhas yang berbasis laboratorium. Program lainnya yakni capacity development dan local industry yang dikembangkan mulai April ini. (Tjat/Makassar/Foto: Tjat)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me