Metropolitan Land Menyubsidi Bunga KPR

Big Banner
JAKARTA123 NEWS: Menyiasati pasar properti yang belakangan melemah, PT Metropolitan Land menawarkan subsidi bunga KPR (kredit pemilikan rumah) ke calon pembeli rumah. Subsidi tersebut berlaku di semua proyek yang kini dipasarkan, kecuali proyek rumah sederhana. Semua hal itu dijelaskan oleh General Manager Corporate Communication PT Metropolitan Land, Wahyu Sulistio, di Jakarta belum lama ini. Subsidi bunga KPR saat ini memang mesti dilakukan pengembang agar properti yang dipasarkan terjual, Wahyu berkata.

Dalam hal itu, di saat kini bunga KPR berkisar 14%, Metropolitan Land menawarkan bunga KPR sebesar 10% untuk setahun pertama. Bunga sebesar itu, Wahyu menambahkan, antara lain bisa didapatkan pembeli rumah di kompleks Puri Metropolitan, Cipondoh, Tangerang.

Selain subsidi bunga KPR, pembeli rumah yang dipasarkan via sistem inden mendapatkan keringanan lain. Itu yakni kemudahan dalam membayar uang muka rumah. Di situ, pembeli bisa mencicil pembayaran uang muka sebanyak enam sampai delapan kali. Itu berarti, pembayaran uang muka bisa diangsur dalam waktu enam sampai delapan bulan. Maka, saat rumah yang dibeli selesai dibangun dalam waktu enam-delapan bulan, uang muka tersebut telah lunas, Wahyu menjelaskan.

Melalui subsidi bunga KPR dan kemungkinan mengangsur pembayaran uang muka, beban pembeli dikurangi dalam waktu hampir dua tahun. Sebab, pasca-mengangsur pembayaran uang muka selama enam-delapan bulan, pembeli mendapatkan subsidi bunga KPR selama 12 bulan (satu tahun). Saat sekarang, calon pembeli yang mampu membayar cicilan KPR namun tak punya uang tunai untuk membayar uang muka, bisa dikatakan berjumlah banyak, Wahyu berkata.

Dengan asumsi bahwa kondisi ekonomi telah pulih saat kurun waktu tersebut terlewati, pembeli diharapkan tak sulit meneruskan cicilan pembayaran KPR. Usai kurun waktu mendekati dua tahun itu, Wahyu menjelaskan, bisa saja pendapatan pembeli sudah bertambah sementara tingkat inflasi menurun.

Mengincar PNS

Wahyu berkata lagi bahwa di saat pertumbuhan pasar properti melambat, pihaknya pun mengincar golongan PNS (pegawai negeri sipil) sebagai pembeli rumah. Sebab, risiko kehilangan pekerjaan bagi kelompok tersebut terbilang kecil. Alhasil, Wahyu berargumen, tingkat kelancaran pembayaran cicilan KPR juga kelak lebih bagus. Untuk perumahan Taman Cileungsi, Bogor, kami banyak mengincar segmen PNS.

Wahyu juga menjelaskan bahwa untuk tahun ini, Metropolitan Land tak menargetkan kenaikan angka penjualan. Target yang kami pasang di tahun 2009 sama dengan di tahun 2008, ia berkata. (ADHITO-ZAL HANIF / FOTO:DEDDY MULYADI)

rumah123.com