Penyebab Kunjungan Turis RI kalah dengan Singapura

Big Banner

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia masih kalah dibanding Singapura. Jumlah wisman ke Singapura mencapai 11 juta orang per tahun, sedangkan Indonesia hanya 8,8 juta orang.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, alasan utamanya adalah karena Singapura merupakan hub internasional, karena banyak wisatawan yang transit di negara tersebut.

Menurut Sapta Infrastruktur dan akses. Singapura itu hub internasional. Yang berwisata di situ 10 juta itu cuma transit. Karena dia punya penerbangan yang banyak sekali,” kata Sapta di acara Refleksi MP3EI di JCC, Senayan, Jakarta.

Sapta menjelaskan wisatawan mancanegara bermalam di Singapura pun tak lebih lama dibandingkan dengan Indonesia. Hal ini karena banyak wisman di Singapura bukan menjadikan negara itu sebagai tujuan wisatanya. Menetapnya dia paling lama tiga sampai 4 hari, kita 9 hari sampai 2 minggu. Bahkan kalau perselancar itu bisa sampai satu bulan.

Menurut Sapta, pemerintah akan terus menggenjot infrastruktur, akses, juga perbaikan sumber daya manusia di Indonesia agar lebih peka terhadap wisatawan, potensi di wisata di Indonesia jauh lebih besar. Kalau cuma Singapura itu gampang. Kita perbaiki destinasi kualitasnya, akses sudah jelas, yang berikutnya kita perbaikan SDM, atau pelayanan.

 

rumahproperti123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me