Kementerian PU-Pera Dilebur, Badan Perumahan Mutlak Dibutuhkan

Big Banner

JAKARTA – Pasca digabungnya Kementerian Pekerjaan Umum dengan Kementerian Perumahan Rakyat oleh Presiden Jokowi, pengamat mendesak agar presiden segera membentuk badan perumahan. Hal ini dilakukan karena perumahan rakyat sangat membutuhkan perhatian secara spesifik agar masalah perumahan rakyat di Indonesia dapat terselesaikan.

“Hal ini bukanlah semata-mata dikarenakan Basuki Hadimulyono sebagai professional karir di internal PU yang menjadi menterinya, melainkan lebih dikarenakan permasalahan PU dan perumahan rakyat sebagai dua hal yang berbeda,” kata Pengamat Properti dari Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda yang dilansir dari laman IPW, Senin (27/10/2014).

Bidang PU, lanjut Ali, lebih banyak bersifat konstruksi dan perencanaan, sedangkan di sektor perumahan rakyat sangat terkait banyak hal termasuk masalah supply demand di pasar perumahan, pembiayaan, subsidi, pertanahan, dan lainnya.

Dirinya menilai, penggabungan ini akan membuat prioritas perumahan rakyat tersisihkan dan pemerintah tidak akan fokus untuk penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebagai public housing.

“Selama dua kali periode SBY, perumahan rakyat telah terabaikan dan tidak berjalan dengan baik. Kegagalan kementrian ini selama periode tersebut jangan diartikan bahwa kementerian perumahan rakyat tidak penting,” tegasnya.

Pembentukan Badan Pelaksana Perumahan seperti yang diamanatkan di UU No. 1 mengenai Perumahan dan Permukiman tahun 2011, yang sampai saat ini setelah tiga tahun tak kunjung dibentuk. Badan ini yang akan memberikan fokus terhadap penyelesaian permasalahan perumahan rakyat yang terjadi. Yang dalam pelaksanaannya Badan ini akan membuat bank tanah yang sangat strategis untuk penyediaan tanah bagi rumah murah.

“Percepatan pembentukan Badan ini adalah mutlak harus dilaksanakan. Badan yang ada bias badan baru atau Perumnas yang telah ada selama ini. Namun dengan catatan bahwa Perumnas harus keluar dulu dari BUMN agar dapat lebih fokus menangani penyediaan rumah rakyat,” tutup dia.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me