Adhi Karya Siapkan Investasi Rp 604 Miliar

Big Banner

JAKARTA- Perusahaan konstruksi pelat merah PT Adhi Karya (Persero) Tbk menyiapkan investasi senilai Rp 604 miliar untuk kembangkan bisnis properti dan real estatenya di tahun depan.

Rincinya adalah untuk properti sebanyak Rp 155 miliar, real estate Rp 298 miliar dan hotel Rp 151 miliar.

Direktur Utama PT Adhi Karya, Kiswodarmawan, menuturkan bisnis properti dan real estate adalah dua lini bisnis baru yang digarap untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin tinggi. Fokus usaha dari Adhi Karya sendiri sampai saat ini masih tetap pada lini bisnis konstruksi, Engineering Procurement Construction (EPC) dan investasi di bidang infrastruktur.

“Penambahan dua lini bisnis baru ini untuk meningkatkan portofolia Adhi sebagai pengembang yang kompeten dan peningkatan recurring income,” kata Kiswo ketika dijumpai di kantornya, Sabtu, 15 Desember 2012.

Menurutnya, potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi di tahun depan menyebabkan bisnis properti tetap booming di Indonesia. Apalagi, hingga saat ini Indonesia masih kekurangan rumah (backlog) sekitar 13,6 juta unit dan setiap tahunnya diperkirakan terdapat penambahan permintaan sekitar 720 ribu unit rumah.

Melalui anak usahanya, yaitu PT Adhi Persada Properti (APP), perseroan telah membangun beberapa gedung perkantoran, kawasan komersial, ruko, dan apartemen seperti Apartemen Salemba Residence, Menara MTH, Ruko Grand Kalimas Tahap 2. Di akhir tahun ini, APP malah meluncurkan dua proyek properti baru yaitu Grand Taman Melati Margonda dan Grand Dhika City Bekasi yang mulai dibangun pada tahun depan.

Direktur APP, Giri Sudaryono, memaparkan untuk pembangunan kawasan hunian apartemen perseroan memilih daerah luar ibu kota karena tren masyarakat yang banyak beralih untuk tinggal di kota seperti Depok dan Bekasi. “Lahan ibu kota kan juga semakin sempit. Lagipula daerah pinggiran kota harganya cukup murah dan aksesnya lancar jadi pertimbangan kami untuk hadirkan hunian,” kata Giri.

Sementara untuk lokasi perkantoran, perseroan masih mengincar lokasi-lokasi bisnis di ibukota. Salah satunya adalah kawasan di kisaran Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk proyek komplek pemukiman (real estate), Adhi Karya meluncurkan The Taman Dhika Sidoarjo dan The Taman Dhika Cinere yang mulai ditawarkan pada Oktober lalu. Sementara untuk hotel, perseroan berencana mengembangkan bisnis dengan meluncurkan GranDhika Hotel Blok M.

GUSTIDHA BUDIARTIE

properti.tempo.co