Anak Juga Butuh Ruang Kerja Dikamarnya

Big Banner

SolusiProperti.com  – Menurut Minnesota Center for Reading Research, Universitas Minnesota, orang tua perlu menyediakan alat tulis lengkap dan lokasi khusus bagi anak untuk mengerjakan tugas, belajar, dan membaca. Dengan fasilitas tersebut, anak-anak akan termotivasi untuk membaca dan menulis. Kedua kegiatan ini merupakan dasar yang penting untuk keberhasilan anak di sekolah. Daripada memaksa anak membuat “ruang kerja daruratnya” sendiri, lebih baik Anda membantunya membuat “ruang kerja” dengan fasilitas memadai.

Pertama-tama, Anda harus menemukan area di dalam rumah Anda yang cocok sebagai ruang “kerja” anak Anda. Maksimalkan ruang yang tersedia, baik itu di kamar anak Anda atau ruang lain, seperti kamar loteng. Namun, harus dipastikan area tersebut mendapat cahaya cukup dan tidak ramai, sehingga ia dapat berkonsentrasi selama belajar. Sebenarnya, inti dari perencanaan Anda membuat “ruang kerja” anak ini adalah menciptakan satu ruang ergonomis yang nyaman dan mampu terintegrasi dengan dekorasi seluruh ruang.

Untuk itu, setelah menentukan tempat, ada baiknya Anda menanyakan kebutuhan serta keinginan mereka. Hal ini dapat menentukan seberapa besar area yang mereka butuhkan, desain area, dan barang-barang penunjang lain. Dengan melibatkan mereka dalam proses ini, mereka akan ikut merasa memiliki. Anak-anak akan mampu menjaga dan merawat barang-barang di area tersebut, serta mereka juga merasa nyaman beraktivitas di sana. Berikan dekorasi sesuai dengan kepribadian mereka. Bahkan, tak ada salahnya memajang gambar atau poster tim sepakbola kesukaan mereka, karakter, atau warna yang mereka sukai.

Selain itu, saat ini anak-anak Anda tentunya sudah akrab dengan berbagai peralatan elektronik. Pastikan Anda menyediakan stop kontak yang cukup, beserta berbagai perlengkapan pengamannya. Rapikan kabel-kabel dan tutup stop kontak yang tidak digunakan. Bagi Anda yang memiliki anak usia TK hingga SD, buat juga “majalah dinding” di ruang kerja anak Anda dan di ruang lain, seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Pajang hasil karya mereka dalam “majalah dinding” tersebut. Dengan memajang hasil karyanya, anak Anda akan terpacu untuk terus berkarya. [mal]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me