Ini Cara Cerdas Kredit Rumah

Big Banner

SolusiProperti.com – Jika dikaji secara singkat, Memiliki rumah merupakan impian semua orang dan tanpa terkecuali. Bagi yang memiliki uang berlebih, memang membeli secara tunai akan lebih menguntungkan. Namun, bagi mereka yang menggantungkan pada gaji bulanan, mencicil rumah adalah langkah mudah untuk memiliki rumah sendiri.

Menyicil rumah, bukan berarti harus menghabiskan gaji Anda setiap bulan. Tidak lucu jika setiap bulan yang tertinggal hanya slip gaji, sementara hampir semua uang anda habis untuk cicilan rumah. Dan berikut ini tips pembiayaan sehat dari Mike Rini, financial planner seperti dikutip dari Tabloidrumah.com:

Jumlah total cicilan hutang (secara keseluruhan) jangan melebihi 1/3 dari pendapatan, sehingga biaya operasional sehari-hari tidak terganggu.

Apabila pendapatan kurang cukup, maka besar cicilan bisa diperingan dengan memperpanjang masa kredit. Misal dari 5 tahun ke 10 tahun.

Ingat, bank hanya membantu 80% dari nilai apraisal rumah. Anda harus menyiapkan 20% sisanya sebagai down payment (DP) + 10% lagi untuk membayar biaya notaris dan pajak-pajak. Siapkan dana ini dengan menabung 1–3 tahun sebelumnya. Agar lebih cepat, konsentrasikan bonus, THR, dan pendapatan sampingan Anda untuk tabungan ini.

Kalau memungkinkan, bernegosiasilah dengan pemilik rumah agar Anda bisa membayar DP secara mencicil pula. [mal]

solusiproperti.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me